Sunday, 25 March 2018

Keren..! Ratusan Anak Muda Bersih-Bersih Kota


TAMAN Lampu Merah juga jadi sasaran aksi.
CURUP RPP - Aksi Bersih Curup (ABC) yang diselenggarakan Muda Berkarya berkolaborasi dengan Komunitas Green Generation dan Forum OSIS Rejang Lebong (RL), mendapatkan respon positif. Terbukti, 200-an pemuda pelajar, bergerak melakukan bersih-bersih, Minggu (25/3), mulai pukul 06.00 WIB.

Mereka yang terdiri dari para pelajar SMP dan SMA se-RL, mahasiswa komunitas pemuda, serta masyarakat umum, melaksanakan kebersihan di sepanjang ruas jalan utama Kota Curup, mulai dari Bundaran sampai Pasar Bang Mego. Kemudian, bergerak lagi ke Simpang Lebong, Sukaraja dan Pasar Atas. 

"Pada saat pelaksanaan, ternyata ada penambahan massa cukup banyak dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH, red). Jadi lokasi aksi bersih diperluas," ujar Ketua Umum Muda Berkarya, Endang Saputra.

Ia menjelaskan, tujuan ABC pada dasarnya bukan untuk menyulap RL menjadi super bersih. Namun lebih pada mengedukasi masyarakat akan pentingnya kepedulian terhadap lingkungan.

"Harapannya, secara langsung masyarakat lebih peduli terhadap lingkungan. Tapi jangka panjang, kita dapat menjadikan kegiatan semacam ini secara rutin ke depan, dan ada keseriusan juga dari pemerintah, menindaklanjuti aksi kita hari ini (kemarin, red)," jelasnya.

Di kesempatan itu, Wakil Bupati (Wabup) RL, H. Iqbal Bastari, S.Pd, MM, yang juga hadir menyatakan sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan yang prakarsai Muda Berkarya ini. Apalagi dalam pelaksanaannya, kegiatan tersebut melibatkan banyak pemuda yang pada dasarnya adalah penerus bangsa. 

Setelah aksi bersih-bersih kota, diakhiri dengan deklarasi bersama, dengan penandatanganan pemuda pelopor kebersihan yang dipimpin oleh Wabup RL. Deklarasi merupakan simbol, pemuda pemudi RL secara serius ingin mendukung RL bersih dari sampah. Mereka juga berharap pemerintah sebagai stakeholder, lebih serius menangani masalah sampah. 

Di bagian lain, Endang yang juga terlibat diskusi bersama Wakil Ketua (Waka) III STIPER RL dan Kepala DLH RL ini mengatakan, setelah kegiatan ABC, mereka berencana membuat program pengelolaan sampah yang terstruktur. Mulai dari pembinaan kepada masyarakat, pemuda, hingga pendirian bank sampah. Muda Berkarya menjadi pelaksana dan akan dibantu dari sisi tenaga keahlian dari STIPER RL. (**)

  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Keren..! Ratusan Anak Muda Bersih-Bersih Kota Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai