Tuesday, 6 March 2018

Asrama Putri STAIN Curup Terbakar


POLISI menunjuk stop kontak listrik terbakar yang diduga menjadi penyebab kebakaran. (FHOTO: JIMMI)
CURUP UTARA RPP - Kebakaran hebat nyaris meluluhlantakkan Gedung Ma'had Ali, asrama mahasiswi STAIN Curup, Selasa (6/3) sekira pukul 19.30 WIB. Beruntung kebakaran di komplek STAIN Curup ini tak menimbulkan korban jiwa. Namun kerugian yang timbul diperkirakan mencapai Rp 100 juta lebih.

Informasi terhimpun di lapangan, kebakaran terjadi pada saat seluruh mahasiswi penghuni Blok J itu sedang belajar di ruang yang berada di bagian depan STAIN. Sehingga tak ada seorang pun yang tau asal muasal api. Namun berdasarkan hasil olah TKP yang dilakukan pihak kepolisian, teridentifikasi jika api berasal dari stop kontak listrik yang berada di salah satu kamar di gedung berlantai dua itu.

Wakil Ketua II STAIN Curup, Hamengkubuwono, yang dikonfirmasi RPP di lokasi kejadian menyebutkan, Gedung Ma'had Ali itu dihuni sekitar 120 mahasiswi, dengan rincian, setiap kamar dihuni oleh 12 orang mahasiswi. Di asrama putri ini, katanya, ada aturan tidak membolehkan menyalakan api, sehingga kuat kemungkinan jika kebakaran yang terjadi adalah akibat korsleting listrik. 
"Kalau pun ada mahasiswi yang memasak, itu ada dapur di bagian belakang di luar asrama, jadi kalau ada indikasi akibat korsleting listrik, kami percaya, karena di gedung ini memang ada aliran listrik," katanya.

Ditanya kerugian akibat kejadian tersebut, Hamengkubuwono tak bisa merinci secara jelas, namun diperkirakan lebih dari Rp 100 juta. "Selain gedungnya, sejumlah barang-barang milik mahasiswi juga ikut terbakar, seperti handphone, laptop, pakaian, dan beberapa lemari," ujarnya.

Sementara Kapolres Rejang Lebong, AKBP Napitupulu Yogi Yusuf SH, S.Ik melalui KBO Reskrim Ipda Zuhdi mengatakan, begitu mendapat laporan adanya kebakaran di komplek STAIN Curup, pihaknya langsung bergegas menuju lokasi. Beruntung, pihak pemadam kebakaran yang dihubungi oleh pihak STAIN Curup, juga cepat tiba di lokasi, sehingga amuk api tidak keburu membesar. 

"Dari olah TKP yang dilakukan petugas piket Sat Reskrim, dapat disimpulkan sementara jika sumber api berasal dari arus listrik. Kita sudah bawa beberapa barang bukti seperti stop kontak dan kabel yang terbakar. Kalau soal kerugian, mungkin pihak STAIN yang lebih tau," ujarnya saat memimpin anggota kepolisian melakukan identifikasi di lokasi kejadian. (**)

  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Asrama Putri STAIN Curup Terbakar Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai