Sunday, 11 February 2018

Waspada.., Pelaku Curanmor Mengintai Anda


(fhoto: illustrasi/google/buyono)
CURUP RPP - Meski tak sedikit para pelaku pencurian kendaraan motor (curanmor) ditangkap, ditembak kaki, lalu dijebloskan ke penjara, namun tidak serta menciutkan nyali para pelaku lain untuk tetap beraksi. Buktinya, akhir-akhir ini aksi curanmor masih saja terjadi. Bahkan pada Sabtu (10/2) kemarin, dua korban curanmor, melapor ke pihak berwajib.

Korban pertama diketahui bernama Reti Peranika (22), honorer RSUD Curup. Motor jenis Honda Beat BD 4770 GI, raib digasak maling, di kontrakan di kawasan Kelurahan Talang Rimbo, Curup Tengah. Selain motor, pelaku juga membawa kabur laptop jenis Acer milik perempuan yang bekerja sebagai honorer di RSUD Curup ini. Akibatnya, korban menderita kerugian materi sekitar Rp 15 juta.

Kronologinya, pagi itu, kisaran pukul 07.00 WIB, korban berangkat ke tempatnya bekerja di RSUD Curup dengan menumpang kendaraan temannya. Sedangkan motornya ditinggal di dalam rumah kontrakannya. Diakui, motor tersebut diparkir di ruang tengah dalam kondisi terkunci stang. Kunci rumah kontrakan pun dibawa korban bekerja.

Namun saat pulang kerja pada kisaran pukul 14.30 WIB, korban kaget, karena setibanya di dalam kontrakan, motornya sudah tidak ada. Korban lalu masuk ke kamarnya, dan mendapati laptopnya juga hilang. 
Terang saja korban heran, karena rumah kontrakannya dalam kondisi terkunci, sementara pintu dan jendela tidak ada yang rusak. Muncul dugaan, pelaku pencurian itu memiliki duplikat kunci rumah, sehingga pelaku dengan leluasa masuk ke dalam kontrakan, lalu keluar dengan membawa barang curian. Kemudian pintu kontrakan kembali dikunci oleh pelaku. Sehingga jejak pelaku benar-benar sulit terdeteksi.

Sementara korban kedua adalah Bambang Irawan (33), warga Jalan Bakti Osis II Kelurahan Air Bang, Curup Tengah. Motor miliknya yang juga dari jenis Honda Beat dengan Nopol BD 3807 GG, hilang di parkiran Masjid Mujahidin, Kelurahan Air Bang. Kejadiannya sekira pukul 18.20 WIB. Saat kejadian, korban yang diketahui merupakan pengusaha laundry ini, tengah menunaikan salat maghrib berjemaah di dalam masjid. 

Menurut keterangan Bambang, memang hampir saban petang dirinya menunaikan salat magrib berjemaah di masjid yang terdekat dari rumahnya itu. Sebelum pukul 18.00 WIB, ia sudah pergi ke masjid dengan mengendarai motor.
Namun ketika keluar masjid usai salat magrib berjamaah, pria yang juga berbisnis jual beli senjata khas daerah ini, tak lagi melihat motor yang sebelumnya diparkir di halaman masjid. "Kalau sedang di rumah, saya memang setiap magrib salat di masjid itu, karena dekat dari rumah saya. Dasar memang lagi naas, selama ini saya juga bawa motor, tapi tidak apa-apa," kata Bambang dihubungi via telepon selulernya.

Atas kejadian itu, tambahnya, dirinya merugi sekitar Rp 7,5 juta. Ia juga mengaku telah melaporkan kehilangan itu ke SPKT Polres Rejang Lebong (RL) di Kelurahan Dwi Tunggal, Curup. "Padahal motor itulah yang kami gunakan untuk mengantar jemput laundry," sesalnya. Meski demikian, dia berharap motornya dapat kembali ditemukan dengan bantuan polisi. 

Dikonfirmasi terpisah, Kapolres RL, AKBP Napitupulu Yogi Yusuf, SH, S.Ik, melalui Kasat Reskrim, AKP Chusnul Qomar, SH, S,Ik, MM, saat dikonfirmasi, membenarkan adanya dua laporan peristiwa kehilangan motor tersebut. 
Untuk korban atas nama Reti Peranika, kuat dugaan pelaku adalah orang yang memiliki duplikat kunci rumah kontrakan korban. Dugaan itu dikuatkan dengan tidak ditemukannya kerusakan pada pintu dan jendela kontrakan korban. "Sepeda motor dan laptop di dalam kontrakannya hilang. Sedangkan pintu rumah, posisinya masih terkunci. Diduga pelaku masuk ke dalam kontrakan korban dengan menggunakan kunci palsu atau duplikat," terang Chusnul. 

Sedangkan untuk pelapor atas nama Bambang Irawan, pihaknya menduga jika pelaku memang telah mengincar korban. Karena korban setiap magrib salat di masjid itu dengan membawa motor. Atas kejadian ini, kasat mengimbau agar para jemaah salat maghrib menggunakan kunci ganda jika membawa kendaraan ke masjid. Karena para pelaku tidak melihat tempat dan waktu. Dimana pun, kapan pun, setiap ada kesempatan, mereka pasti beraksi. "Untuk itu kita harapkan masyarakat selalu waspada, dan tidak memancing terjadinya tindak kriminalitas, di mana pun berada. Kalau memarkirkan kendaraan bermotor, hendaknya disertai dengan kunci pengaman tambahan, seperti gembok pada bagian piringan cakram, sehingga menyulitkan pencuri untuk mengambilnya," imbau kasat. (red)


  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

1 komentar:

Anonymous said... 22 February 2018 at 16:17

Ada baiknya motor di pasang pengaman tambahan yang tangguh , rekomended merk American Secure , video demonya bisa dilihat disini
https://youtu.be/OXKE76Vgt_c

Item Reviewed: Waspada.., Pelaku Curanmor Mengintai Anda Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai