Friday, 2 February 2018

Waduuh.., Bukit Penyeluang Keluarkan Asap Putih


BPBD Rejang Lebong dan Badan Vulkanologi sedang memantau asap di Bukit Penyeluang (FHOTO: IST/DONI)
SINDANG KELINGI RPP - Bukit Penyeluang yang terletak di Desa Sindang Jaya Kecamatan Sindang Kelingi Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, mengeluarkan asap putih. Informasi ini disampaikan oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rejang Lebong (RL), Basuki, S.Sos, melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Mustafa Lupi, S.Sos, Jumat (2/2).

Mustafa menyampaikan, pihaknya bersama Badan Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (BVMBG), aparatur Desa Sindang Jaya, dan Relawan Desa Tangguh Bencana (Destana) Sindang Jaya, telah melakukan pengecekan langsung ke lokasi Bukit Penyeluang pada 20 Januari 2018 lalu. Hasilnya, asap tersebut tidak berbahaya. 

Dari hasil pemantauan itu diketahui, bahwa asap tersebut merupakan gejala fumarola, yaitu pengaruh tekanan panas bumi. "Kami sudah melakukan pengukuran suhu tanah Bukit Penyeluang, dan hasilnya asap putih itu keluar karena pengaruh panas bumi," katanya.

Dari hasil pemantauan kawasan yang terkena dampak, ada sekitar kurang lebih 3 hektar yang terkena dampak, dengan ciri-ciri tumbuhan menguning dan sebagian tumbuhan tidak tumbuh lagi. Namun penyebabnya tidak ada sama sekali hubungannya dengan letusan Gunung Kaba. "Asap putih yang keluar tersebut, namun tak ada kaitannya dengan Gunung Kaba, jadi masyarakat jangan khawatir," ujar Mustofa. 

Ia menambahkan, asap putih yang keluar dari Bukit Penyeluang itu tidak mengandung racun. Namun ia mengimbau agar warga jangan melintasi kawasan ini, karena panas tanah mencapai 88 derajat celcius. Dari hasil pemantauan, pihaknya akan melakukan sosialisasi agar masyarakat tidak khawatir dengan asap yang keluar dari Bukit Penyeluang, karena tidak akan ada efek berbahaya. 

"Kami akan lakukan penguatan dan pembinaan kelembagaan organisasi siaga bencana kepada masyarakat agar tidak khawatir dengan asap putih tersebut," pungkasnya. (red) 

  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Waduuh.., Bukit Penyeluang Keluarkan Asap Putih Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai