Tuesday, 13 February 2018

TPP Sekkab Rp 22 Juta, Staf Kecamatan Rp 500 Ribu


KHIRDES LAPENDO PASJU. (FHOTO: FB/BUYONO)
CURUP RPP - Setelah memasuki pekan kedua bulan Februari, akhirnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong (RL) mulai membahas usulan besaran tambahan penghasilan pegawai (TPP) untuk Aparatur Negeri Sipil (ASN) di lingkungan Pemkab RL. Dari banyaknya golongan dan jabatan ASN yang ada di RL, TPP untuk sekretaris kabupaten (sekkab) diusulkan paling besar, yakni sekitar Rp 22 juta per bulan.

Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) RL, Khirdes Lapendo Pasju, SSTP, M.Si saat dikonfirmasi wartawan mengatakan, penentuan besaran tersebut mengacu pada disiplin dan beban kerja dari setiap ASN. Ketika untuk Sekkab diusulkan sekitar Rp 22 juta per bulan, menurutnya, TPP terendah yakni untuk staf kecamatan dan kelurahan yang hanya sekitar Rp 500.000 per bulan. 

"Kita lihat berdasarkan beban kerja dari setiap PNS, makanya yang tertinggi di usulan ini untuk Sekkab dan terendah untuk staf kecamatan dan kelurahan," ujar Khirdes.

Sedangkan mengenai grade pemberian TPP, ada tiga grade, yakni grade tinggi, sedang dan rendah. Yang dimaksud dengan grade tinggi terdiri dari sekda, Bappeda, BPKD hingga camat. Sedangkan untuk grade sedang seperti pada Disdukcapil, Disperindagkop-UKM, bagian di sekretariat dan sekretariat. 

"Jabatan camat dan lurah termasuk dalam grade tinggi. Karena beban kerja mereka selama 24 jam. Besarannya sekitar Rp 4 juta hingga Rp 5 juta per bulan. Tapi nanti untuk kepala dinas jumlahnya juga berbeda dengan staf pada OPD mereka," lanjutnya.

Kini proses pengusulannya sudah mencapai 90 persen dan tinggal menunggu SK Bupati RL. Ditambahkannya, jumlah penerima TPP di RL ada sekitar 2500 ASN, dari total ASN sekitar 4.900 orang, mengingat para guru dan pegawai dengan BLUD RSUD Curup, tidak menjadi bagian dari penerima TPP. 

"Pemberian TPP menggunakan 60 persen kinerja dan 40 persen disiplin. Oleh karena itu, nanti bakal ada tim pengawas yang melakukan monitoring dan mengawasi kinerja dari setiap ASN. Jika ada yang malas atau dua unsur itu tidak terpenuhi secara maksimal, maka akan dilakukan pemotongan TPP sebesar 25 persen," pungkas Khirdes. (red)

  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: TPP Sekkab Rp 22 Juta, Staf Kecamatan Rp 500 Ribu Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai