Tuesday, 6 February 2018

RSUD Jalur Dua Dianggarkan Rp 10 Miliar Lagi


BEGINI kondisi RSUD Jalur Dua Pasca Direhab Tahun Lalu. (FHOTO: BUYONO)
CURUP RPP - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong (RL) terus melakukan persiapan kepindahan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Curup dari Kelurahan Dwi Tunggal ke kawasan Jalur Dua di Kecamatan Merigi, Kabupaten Kepahiang. 

Menurut Direktur RSUD Curup, dr Asep Setia Budiman, tahun ini ada anggaran sekitar Rp 10 miliar dari Dana Alokasi Khusus (DAK), yang bakal digunakan untuk pembangunan RSUD Curup di Jalur Dua itu. "Tahun ini kita akan melanjutkan pembangunan RSUD Curup di Jalur Dua. Untuk pembuatan pagar dan pos jaga, nanti akan kembali diusulkan di APBD Perubahan 2018," ujar Asep.

Dana itu bakal digunakan untuk pembangunan gedung perawatan, baik rawat inap maupun rawat jalan. Karena proses pembangunannya baru dilakukan tahun ini, sehingga Asep belum bisa memastikan apakah pelayanan RSUD Curup sudah bisa pindah tahun ini atau belum. Tetapi, jika pembangunan gedung sudah selesai dan memungkinkan pindah tahun ini, maka akan dipindahkan tahun ini juga. Namun jika tidak, akan mulai pindah tahun 2019. 

Kendati sudah merencanakan pindah, RSUD Curup tahun ini juga menganggarkan perbaikan gedung RSUD Curup di Dwi Tunggal sekitar Rp 700 juta dari BLUD. Kekurangannya akan diusulkan di APBD Perubahan 2018. Meliputi perbaikan beberapa atap yang bolong, dinding berlubang, hingga lift yang tidak berfungsi. 

Menurut Asep, hal ini dilakukan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para pasien. Karena tahun 2018, RSUD Curup juga memiliki target BLUD sebesar Rp 44 miliar atau naik sebesar 10 persen dari tahun 2017, yang hanya Rp 40 miliar. "Tahun 2017 tercapai sekitar 99 persen. Jadi setiap tahun aturannya memang targetnya harus naik 10 persen dari tahun sebelumnya. Strateginya untuk mencapai target itu, kita akan melakukan pelayanan sebaik mungkin. Terutama untuk pasien-pasien yang membutuhkan pelayanan spesialistik," paparnya.

Oleh karena itu, RSUD Curup akan menambah beberapa dokter spesialis, seperti dokter spesialis jiwa, dokter spesialis patologi klinis, dan dokter spesialis anastesi. "Sekarang sudah ada 12 orang dokter, mudah-mudahan pelayanan bisa maksimal," harapnya. (red) 

  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: RSUD Jalur Dua Dianggarkan Rp 10 Miliar Lagi Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai