Friday, 2 February 2018

Pria Uzur Ditemukan Tewas Membusuk


KAPOLSEK Tebat Karai, Iptu Eri Erison mendampingi proses visum oleh petugas medis. (FHOTO: TONI)
KEPAHIANG RPP - Malang nian nasib Jaisan (75), warga Desa Tebing Penyamun, Kecamatan Tebat Karai, Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu. Pria uzur itu ditemukan tak bernyawa dengan kondisi membusuk di dalam pondok kebun di kawasan Rimbo Donok, desa setempat, Jumat (2/2) sekira pukul 11.30 WIB.

Anak korban, Dewi (48), tampak sangat terpukul dan haru saat berada di kamar jenazah di RSUD Kepahiang. Ia tak kuasa menahan tangis menerima kepergian orangtuanya yang tragis dan memilukan itu. 

Menurut Dewi, orangtuanya itu sejak dua minggu terakhir memang bermalam di kebun untuk menjaga buah-buah kopi yang tak lama lagi akan panen. "Sebentar lagi kan musim kopi, jadi bapak nginap di kebun terus seminggu belakangan ini," cerita Dewi terbata-bata. 

Dewi mengatakan, jazad bapaknya akan langsung dikebumikan di TPU Desa Tebing Penyamun. "Petang nanti (kemarin, red) akan langsung kita makamkan," ujarnya. 

Dia mengaku, terakhir bertemu orangtuanya itu sejak seminggu lalu. Dewi merupakan anak kedua dari 6 bersaudara. "Memang bapak itu sudah tua dan sering sakit-sakitan, terutama batuk," ungkapnya. 

Sementara Kapolres Kepahiang AKBP Pahala Simanjuntak melalui Kapolsek Tebat Karai Iptu Eri Erison, membenarkan atas penemuan mayat tersebut. Menurutnya, pada saat ditemukan, jenazah menggunakan baju warna coklat dan tidak mengenakan celana. "Kondisi jenazah sudah rusak dan membusuk dengan bagian mata sudah hilang, hidung sudah rusak dan dipenuhi belatung," terang Kapolsek. 

Ditambahkan Kapolsek, korban pertama kali ditemukan oleh Samsul Hadi (46), warga satu desanya. Saat itu Samsul Hadi sedang melintas di TKP dan mendapati bau menyengat dan lalat dari dalam pondok. "Karena tak berani sendiri, lalu Samsul Hadi menjemput Robil (30) untuk melihat ke dalam pondok. Ternyata didapati ada sesosok mayat yang sudah membusuk," jelasnya.

Melihat hal tersebut, Samsul Hadi dan Robil langsung memberitahu warga lain, termasuk pihak kepolisian Polsek Tebat Karai. "Begitu mendapat laporan, anggota kita langsung menuju TKP. Kemudian bersama warga mengevakuasi jazad korban ke RSUD Kepahiang untuk dilakukan visum," katanya.

Namun kemudian pihak keluarga korban menolak untuk dilakukan visum et repertum. "Keluarga menyatakan menolak divisum, pernyataan itu ada hitam di atas putih," katanya. 

Di bagian lain, petugas medis yang menangani jasad korban, dr Yulitri menjelaskan, berdasarkan hasil pemeriksaan dan riwayat sakitnya, korban meninggal dunia akibat penyakit. "Tidak ada tanda-tanda kekerasan," singkatnya. (red) 

  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Pria Uzur Ditemukan Tewas Membusuk Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai