Sunday, 11 February 2018

Petugas Damkar di Rejang Lebong Gunakan Alat Keselamatan Seadanya

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran RL, Drs H Sumardi M.Si
CURUP RPP - Dalam menjalakankan tugas memadamkan api, petugas Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kabupaten Rejang Lebong (RL) hanya menggunakan alat seadanya. Tentu hal tersebut dapat mengacam kesalamatan jiwanya.

Kepala Disdamkar RL, Drs Sumardi mengakui, jika saat ini Disdamkar kekurangan peralatan untuk melindungi petugas dari bahaya kebakaran. Disdamkar hanya memiliki 10 lembar baju tahan api, 10 pasang sepatu dan 10 helm. Sedangkan, peralatan yang dibutuhkan tidak hanya itu. Seperti, masker, sarung tangan anti panas, tabung oksigen dan lainnya. Alat yang dibutuhkan pun masing-masing idealnya lebih dari 10 unit. Semua alat tersebut merupakan perlatan standar yang mestinya harus digunakan oleh petugas ketika memadamkan api. "Cukup berbahaya jika tidak menggunakan alat lengkap. Namun apa daya, petugas tetap dituntut memadamkan api meskipun minim alat keselamatan. Apalagi tidak seluruh petugas dapat menggunakan alat keselamatan," tukas Sumardi.

Menurut Sumardi, pihaknya pun sudah mengusulkan pengadaan alat keselamatan lengkap pada APBD tahun 2018. Namun, sayang usulan tersebut belum diakomodir. Sehingga, petugas pemadam terpaksa menggunakan alat keselamatan apa adanya. "Kita usulkan, agar dalam penanganan kebakaran petugas kita terlindungi dan tidak seolah-olah mengabaikan keselamatan mereka," pungkas Sumardi.(ben)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Petugas Damkar di Rejang Lebong Gunakan Alat Keselamatan Seadanya Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai