Tuesday, 13 February 2018

Peserta Jampersal Ditarik Biaya, Laporkan...


SYAMSIR. (FHOTO: BENI)
CURUP TIMUR RPP - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Rejang Lebong (RL), Asli Samin, M.Kes, melalui Sekretaris Dinkes RL, Syamsir, SKM, MKM, menegaskan, bagi pihak-pihak yang telah bekerjasama dengan Dinkes RL terkait jaminan persalinan (jampersal), agar tidak lagi menarik biaya kepada pasien. 

"Kembali kita tegaskan, jampersal ini gratis dan tidak ada biaya yang harus dikeluarkan pasien yang sudah masuk jampersal. Jika ada pihak yang menarik biaya, segera laporkan ke kami," kata Syamsir, dalam acara penandatanganan kesepakatan pelayanan jampersal dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Curup, Selasa (13/2). 

Ia menambahkan, jampersal untuk persalinan normal di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) seperti puskesmas, poskesdes dan pustu. Kemudian di Bidan Praktek Mandiri (BPM) yang sudah bekerjasama dengan Dinkes RL.

"Kalau klinik swasta yang bekerjasama dengan Dinkes dalam pelayanan jampersal memang belum ada. Namun surat atau penyampaian secara tertulis sudah dilayangkan ke klinik-klinik swasta di RL. Dan baru ada satu klinik yang membalas surat tertulis tersebut sebagai respon untuk bekerjasama dalam memberikan pelayanan jampersal," lanjutnya.

Sementara, untuk persalinan normal ibu hamil yang memiliki risiko tinggi dan persalinan tindakan vacum, porcef dan sectio caesaria (SC) serta perawatan bayi baru lahir normal dan komplikasi, pelayanan jampersal bisa dilakukan di RSUD Curup.

Bagi masyarakat Kabupaten RL yang ingin mendapatkan pelayanan jampersal, harus memiliki surat keterangan tidak mampu (SKTM), KTP domisili, surat pernyataan tidak memiliki jaminan kesehatan, surat rujukan FKTP bidan jika persalinan akan dilakukan di rumah sakit, serta buku KIA. (red) 
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Peserta Jampersal Ditarik Biaya, Laporkan... Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai