Tuesday, 6 February 2018

Pendaftaran Calon Komisioner KPU Provinsi Dibuka 12 Februari

KPU
BENGKULU RPP - Bagi yang berminat menjadi Komisioner KPU Provinsi Bengkulu periode 2018-2023, tim seleksi (timsel) mulai membuka pendaftaran pada 12 hingga 21 Februari 2018. Proses seleksi dilakukan serentak di seluruh Indonesia, menyusul masa pengabdian anggota saat ini akan berakhir pada 24 Mei 2018.

Ketua Timsel Calon Komisioner KPU Provinsi Bengkulu, Dr Ir Yulfiperius, M.Si mengatakan, seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) berkesempatan mendaftarkan diri. "Kita akan mematuhi keterwakilan perempuan dalam komposisi Komisioner KPU ini sebesar 30 persen. Hal itu termuat dalam UU Penyelenggaraan Pemilu," kata Yulfiperius yang juga menjabat sebagai Rektor Universitas Hazairin (Unihaz) Bengkulu ini, Selasa (6/2).

Dijelaskannya, pendaftaran juga berlaku bagi Komisoner KPU Provinsi Bengkulu yang masih menjabat saat ini, dengan syarat mereka harus keluar sebagai tim pengarah timsel. Termasuk juga bagi PNS, dengan syarat wajib mengajukan cuti atau non aktif selama menjabat anggota KPU. "Jadi anggota KPU yang masih menjabat ini jika mau mendaftar, tidak lagi menjadi tim pengarah selama proses seleksi dilakukan," jelasnya.

Ia menjelaskan, setelah proses tahapan seleksi administrasi, seluruhnya diseleksi, dan bagi yang tidak memenuhi syarat dinyatakan gugur. Namun sistem gugur tidak berlaku untuk tes psikologi dan wawancara, karena seluruh nilainya akan diakumulasikan.

Dalam tes tertulis nantinya menggunakan sistem Computer Assisted Tes (CAT) untuk memastikan tes digelar secara transparan. Dalam proses seleksi ini, timsel akan memilih  10 besar, selanjutnya diserahkan ke KPU RI untuk dilakukan seleksi hingga terpilih 5 besar yang akan diumumkan pada 5 April 2018. "Tentu ada beberapa poin yang menjadi penilaian lebih timsel, seperti jenjang pendidikan, lalu pengalaman pribadi di jenjang organisasi, khususnya di Pemilihan Umum," katanya.

Syarat-syarat menjadi calon Komisoner KPU Provinsi antara lain berusia minimal 35 tahun, berintegritas, berkepribadian baik, adil dan jujur, pendidikan minimal S1, sehat jasmani, rohani dan bebas dari narkoba, mundur dari keanggotaan parpol paling singkat 5 tahun saat mendaftar, mundur dari jabatan politik, pemerintah atau badan usaha milik negara. (red)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Pendaftaran Calon Komisioner KPU Provinsi Dibuka 12 Februari Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai