Sunday, 4 February 2018

Masih Mengeluh, Dewan Ancam Desa Jadi Kelurahan


ANGGOTA Dewan Dapil 1 saat reses di Kecamatan Curup Timur. (FHOTO: DONI)
CURUP TIMUR RPP - Sembilan anggota DPRD Kabupaten Rejang Lebong (RL) daerah pemilihan (Dapil) 1 menggelar reses di Aula Kantor Camat Curup Timur, Sabtu (3/2) sekira pukul 09.00 WIB.

Ke 9 anggota DPRD RL tersebut di antaranya, M.Ali ST, Surya ST, H. Wahono SP, Zulkarnain Taib SH, Rudi Irianto S.Mn, Rudi Hermanto Nasution, Sapta Firdaus SE, Edi Iskandar, Hj. Misriati S.Pd.I, Camat Curup Timur, Jimmy Ramon S.STP, seluruh lurah dan kepala desa di Kecamatan Curup Timur dan Warga Kecamatan Curup Timur.

Berbagai macam usulan disampaikan oleh masyarakat, mulai dari pembangunan jalan, drainase, pelapis tebing, pembangunan gedung kantor kelurahan dan sebagainya. Namun ada yang menarik dari kegiatan tersebut. Karena ada salah satu keluhan dari kepala desa yang mengatakan jika masih banyak jalan dan drainase di desanya yang belum dibangun. Kades itu pun meminta keluhannya diakomodir pada APBD RL.

Menanggapi keluhan tersebut, salah seorang Anggota DPRD RL, H. Wahono SP menyarankan agar kepala desa sebaiknya tidak lagi banyak mengeluh soal pembangunan. Karena, kucuran anggaran ke desa sudah cukup besar, mulai dari alokasi dana desa (ADD) hingga dana desa (DD). Seharusnya, dengan anggaran itu sudah bisa mengcover seluruh pembangunan di desa. Berbeda halnya dengan kelurahan yang tidak mendapatkan kucuran ADD dan DD. 

"Masyarakat desa sebaiknya jangan lagi mengeluhkan soal pembangunan. Karena, dengan adanya ADD dan DD desa tersebut sudah bisa melakukan pembangunan. Kalau masih ada juga desa yang mengeluh, nanti kita usulkan saja jadi kelurahan. Bagaimana, mau tidak?," sanggah Wahono, dengan nada bercanda.

Menurut Wahono, usulan pembangunan yang disampaikan masyarakat akan diajukan pada APBD Perubahan tahun 2018, tetapi tetap melihat skala prioritas.

Sementara M Ali ST mengatakan, reses ini dilakukan sebanyak tiga kali setiap tahunnya. Setelah Kecamatan Curup Timur ini, reses selanjutnya akan dilaksanakan di Kecamatan Curup Tengah dan Curup Selatan. Dia juga mengapresiasi antusiasme masyarakat yang hadir pada kegiatan reses tersebut.

Dia menambahkan, hasil reses ini akan disampaikan pada saat pembahasan APBD Perubahan nanti. Dia berharap agar pertemuan ini tidak hanya sekali ini saja, karena pihaknya juga butuh usulan dan keluhan dari masyarakat. "Kami berharap ini bukan pertemuan pertama dan terakhir. Kami sangat membutuhkan masukan dari masyarakat untuk kemajuan Kabupaten RL ini," pungkas Ali. (red) 
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Masih Mengeluh, Dewan Ancam Desa Jadi Kelurahan Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai