Monday, 5 February 2018

Lagi, Polisi Temukan Ladang Ganja di Hutan Lindung


KAPOLRES dan jajaran saat menggelar press release. (FHOTO: BUYONO)
CURUP RPP - Untuk kesekian kalinya Polres Rejang Lebong (RL) dan jajaran, berhasil menemukan keberadaan ladang ganja di wilayah hukumnya. Pada Minggu (4/2/2018) kemarin, Satuan Reserse Narkoba Polres RL kembali menemukan ladang ganja seluas 0,5 hektar, di kawasan Hutan Lindung Bukit Balai Rejang yang berbatasan langsung dengan wilayah Desa Karang Pinang Kecamatan Sindang Beliti Ulu (SBU) Kabupaten RL, Provinsi Bengkulu. Sayangnya polisi hanya berhasil mengamankan 103 batang ganja serta satu karung ganja kering. Sedangkan pemilik ladang, diduga telah mencium kedatangan polisi, sehingga keburu melarikan diri.

"Jadi perlu rekan-rekan ketahui, di sana itu signal HP bagus, sehingga kemungkinan mereka (pemilik lahan, red) ada yang memberitahu. Apalagi jarak tempuh menuju lokasi itu sangat jauh, sehingga memungkinkan bagi pemilik ladang untuk kabur meninggalkan lahannya," terang Kapolres RL, AKBP Napitupulu Yogi Yusuf, SH, SIK, didampingi Kasat Resnarkoba Iptu Sampson Sosa Hutapea, SH, saat jumpa pers, Senin (5/2), di halaman Polres RL.

Yogi menjelaskan, operasi ini berawal dari informasi masyarakat. Selanjutynya, pada Sabtu (3/2) sekira pukul 23.00 WIB, Anggota Satres Narkoba berangkat menuju Desa Lubuk Alai Kecamatan SBU. Rombongan baru tiba pada Minggu (4/2) sekira pukul 05.00 WIB, dan langsung melakukan perjalanan kaki selama sekira 4-5 jam untuk mencapai lokasi ladang ganja di kawasan Hutan Lindung Bukit Balai Rejang, Desa Karang Pinang Kecamatan SBU tersebut.

Tiba di lokasi, petugas menemukan ada sekitar setengah hektar ladang ganja, namun sebagiannya sudah selesai dipanen. Dari 0,5 hektar tersebut, menurutnya tidak semuanya ditanami ganja. Kini polisi masih terus menggali informasi untuk mengetahui siapa pemilik ladang ganja ini. Karena di lokasi, petugas juga mendapati sebuah pondok yang diduga kuat merupakan tempat tinggal pemilik ladang, karena di dalamnya didapati dengan peralatan masak. Bahkan petugas menduga, pemilik ladang belum lama meninggalkan lokasi. Dugaan itu dikuatkan dengan peralatan memasak yang masih terasa panas bekas digunakan.

"Kondisi alam RL yang sangat subur, pegunungan, dan sangat luas, memungkinkan untuk menanam tanaman ini. Masyarakat jangan takut untuk melaporkan jika melihat ada narkoba, nanti kita akan berikan reward. Karena dengan melaporkan keberadaan narkoba artinya masyarakat ikut menjaga lingkungannya dari pengaruh narkoba, karena narkoba menjadi sumber kriminalitas," papar Yogi.

Ia memperkirakan, tanaman ganja yang diamankan berusia sekitar 2-3 bulan, dengan tinggi sudah lebih dari 1 meter. Sedangkan masa panenya sekitar 4-5 bulan. Dari 103 batang ganja itu saja diperkirakan jika sudah menjadi ganja kering beratnya bisa mencapai 4-5 kilogram.

"Kita tidak mau menduga-duga apakah masih ada lokasi ladang lain atau tidak, tapi seluruh elemen masyarakat harus waspada terhadap peredaran narkoba ini, karena selama Januari 2018 ini saja, kita sudah berhasil mengungkap delapan kasus narkoba," pungkasnya.

Bupati Minta Perangkat Desa Peka

Informasi temuan ladang ganja ini ternyata sampai juga ke telinga Bupati RL, DR HA Hijazi SH M.Si. Karena itu dia meminta kepada seluruh aparatur pemerintahan, baik camat, lurah, apalagi perangkat desa, untuk lebih peka terhadap lingkungannya.

Disebutnya, masyarakat harus diberikan sosialisasi tentang bahaya narkoba dan tindakan atau perbuatan lain yang sifatnya melanggar hukum. Apalagi berkaitan dengan narkoba.
Menurut bupati, setiap orang yang menjadi pecandu narkoba, dapat dipastikan akan kehilangan masa depannya. "Silakan kalau ada yang mengetahui keberadaan narkoba itu, laporkan ke pihak berwajib. Karena narkoba sangat berbahaya, bisa merusak masa depan kita. Bahkan seorang narkobais, tidak layak untuk duduk di pemerintahan, karena pola pikirnya sudah rusak, ia akan menghalalkan segala cara," kata bupati. (red)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Lagi, Polisi Temukan Ladang Ganja di Hutan Lindung Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai