Thursday, 22 February 2018

Jembatan Napal Terancam Ambruk


INI Jembatan Sungai Napal di Desa Balai Butar Kecamatan SBI yang pondasinya pecah dihantam luapan sungai.(FHOTO: ARPAN MAWI)
SBI RPP - Hujan deras serta angin kencang yang mengguyur wilayah Desa Balai Butar Kecamatan Sindang Beliti Ilir (SBI) pada Rabu (21/2), membuat Sungai Napal meluap dan mengakibatkan pondasi jembatan di tengah desa nyaris ambruk. Beruntung tiang penyangga masih ada di tengah jembatan. Jika tidak, bisa saja jembatan sepanjang 15 meter ini ambruk ke dasar sungai. 

Kepala Desa Balai Butar, Alam Siyar, membenarkan jika pada Rabu kemarin, hujan deras melanda desa yang dipimpinnya. Hujan berlangsung sekitar 1 jam, yakni sejak pukul 17.00 WIB hingga pukuyl 18.00 WIB. Dampaknya, pondasi jembatan di tengah desa mengalami pergeseran ke bawah. 

"Kejadian ini sudah terjadi 3 kali. Tapi kami ini memang parah, jika dibiarkan, maka akses transportasi antara Kecamatan SBI dengan Kota Padang terancam putus," kata kades, dibincangi di lokasi jembatan.

Di lokasi berbeda, Camat SBI, Jakaria SH, juga menyampaikan hal senada. Pondasi jembatan, katanya, runtuh akibat terjangan air yang meluap hingga ke bibir jembatan. "Saya bersama Sekcam sudah turun melihat kondisi jembatan itu, selanjutnya hal ini akan kami laporkan ke pihak BPBD Rejang Lebong," kata camat di ruang kerjanya, Kamis (22/2).

Sementara Anggota DPRD Provinsi Bengkulu asal Kecamatan SBI, Arsop Dewana SE, berharap pihak-pihak terkait baik Pemkab RL maupun Pemprov Bengkulu, agar segera menindaklanjuti hal ini dengan melakukan upaya perbaikan jembatan yang menjadi akses vital masyarakat itu. "Kasihan kalau dibiarkan, karena jembatan ini satu-satunya akses bagi seluruh masyarakat SBI, Kota Padang, dan sekitarnya," kata Arsop. 

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Badan Penggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten RL, Basuki, S.Sos, mengatakan,  jembatan tersebut merupakan kewenangan dari pihak provinsi, karena jembatan berada di jalan provinsi. "Akan kita laporkan ke Dinas PUPR RL dahulu, untuk dikoordinasikan kepada dinas di provinsi, karena ini merupakan kewenangan provinsi," kata Basuki, via ponselnya. 

Menurutnya, pihaknya sudah menerjunkan jajaran BPBD RL, untuk melihat kondisi jembatan dan seberapa bahayanya. "Kita tahu dari telepon camat setempat yang mengabarkan hal ini. Namun jajaran kita sudah turun untuk melihat ke lokasi," tandasnya. (red)









  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Jembatan Napal Terancam Ambruk Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai