Tuesday, 6 February 2018

Duh... Kepala SDN 7 Muara Kemumu Jarang Masuk

SDN 7 Muara Kemumu terletak di Dusun Damar Kencana
KEPAHIANG RPP - SDN 7 Muara Kemumu terletak di Dusun Damar Kencana, Desa Sosokan Taba Kecamatan Muara Kemumu. Di sekolah ini hanya terdapat 5 orang guru, terdiri dari 2 orang PNS dan 3 orang honor. Menariknya, meski kekurangan guru, sang kepala sekolah justru jarang masuk.
Pantauan wartawan, SD Negeri ini memiliki 3 ruang kelas belajar (RKB) yang tampak baru direhab, serta 1 RKB yang kondisinya sangat memprihatinkan. Di sisi kiri sekolah, terdapat bangunan kayu seperti gudang, terdapat spanduk bertuliskan PAUD Sebatin Damar Kencana Kecamatan Muara Kemumu.

Salah seorang warga setempat menyebutkan, Kepala SDN 7 Muara Kemumu ini bernama Nasution, bertempat tinggal di Kecamatan Kepahiang. Warga yang mewanti-wanti namanya tak ditulis jelas ini mengatakan bahwa Nasution sangat jarang datang ke sekolah. "Sebagai warga sini, tentu kami merasa miris, sudah tau kekurangan guru, koq kepala sekolah malah jarang masuk. Tapi tolong jangan ditulis jelas nama saya di koran ya," katanya.

Pria yang mengaku rumahnya tak jauh dari sekolah ini juga mengatakan, bahwa guru yang aktif mengajar di SDN 7 Muara Kemumu ini hanya guru-guru honor saja. Sedangkan yang PNS jarang sekali mengajar. "Kalau tidak salah, murid SD di sini jumlahnya sekitar 60 orang, dari kelas 1 hingga kelas 6," kata dia.

Masih menurut sumber, tak hanya kekurangan guru, SD ini juga kekurangan RKB, karena hanya ada 4 ruangan. Itu pun hanya 3 ruang yang bisa digunakan, sedangkan 1 ruangan lagi sudah tak memungkinkan dipakai sebagai ruang belajar, lantaran rusak berat. "Karena kekurangan ruangan belajar, maka ada 1 ruangan yang dijadikan tempat belajar murid kelas 1 dan kelas 2 tanpa disekat," ujarnya.

Karena itu warga berharap adanya penambahan tenaga guru. Sebab kepala sekolah yang juga punya tugas mengajar jarang sekali masuk. "Mujurnya sekolah ini ada guru honorer, kalau idak, mungkin sekolah ini sudah mati suri," ucapnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Kepahiang, Praptosumo, enggan berkomentar banyak terkait hal tersebut. Prapto justru memberikan nomor telepon seluler Nasution, Kepala SDN 7 Muara Kemumu. Sayangnya, saat dihubungi via Whatsapp, Nasution tidak mengubrisnya, meski WA yang dikirim wartawan sudah dibacanya.

Sementara Plt Kepala Dinas Dikbud Kabupaten Kepahiang, Yudha Rusmansyah SE Ak MM, saat dikonfirmasi mengaku sedang berada di Balik Papan. Melalui pesan WhatsApp, Yudha hanya menyampaikan ucapan terima kasih atas informasi tersebut dan menyatakan akan segera menghubungi Nasution.

Selain itu, Yudha juga berharap pemerintah daerah mengganggarkan pembangunan jalan Desa Langgar Jaya dan Dusun Damar Kencana, untuk kelancaran akses pendidikan. "Terima kasih beritanya, mudah-mudahan segera dibangun jalan yang berkualitas, karena disana juga ada sekolah," singkat Yudha. (red) 

  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Duh... Kepala SDN 7 Muara Kemumu Jarang Masuk Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai