Monday, 12 February 2018

Dikbud Kepahiang Usulkan Motor Trail Kepsek Daerah Terpencil

Beginilah kondisi jalan menuju Desa Damar Kencana, Kepahiang
KEPAHIANG RPP - Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Kepahiang, Zikrullah, S.Pd, M.Pd, mengusulkan agar pemerintah daerah dapat memfasilitasi kepala sekolah di desa terpencil dengan motor trail.
"Dulu sudah kita sarankan agar dinas memberikan fasilitas motor trail ke sekolah terpencil seperi Damar Kencana. Tapi belum terakomodir karena ada pemangkasan anggaran," kata pria yang akrab disapa Zik ini.

Khusus untuk SD Negeri 7 Damar Kencana, Zik sendiri mengakui jika kondisi jalannya sangat memprihatinkan. Menurutnya, kondisi jalan menuju Damar Kencana berlumpur, dan dibutuhkan panas berbulan-bulan agar jalan itu kembali kering. "Bukan saya bela-bela," kata dia.

Diterangkannya, dulu, pemerintah pusat memberikan tunjangan khusus untuk guru/kepsek di daerah terpencil. Tapi syaratnya sekolah yang dimaksud berada di suatu desa yang definitip. "Untuk SDN 7 Damar Kencana ini, terkendala karena belum definitif menjadi desa, sehingga tunjangan tersebut tidak bisa dicairkan," terangnya.

Zik sangat mendukung jika Dusun Damar Kencana didefinitifkan menjadi desa di Kecamatan Muara Kemumu. "Kita juga berharap Damar Kencana itu jadi desa definitip, sehingga bisa kita usulkan tunjangan untuk guru/kepsek di sana ke Kementerian. Tapi kalau untuk saat ini belum bisa. Kita sudah coba usulkan, tapi tetap tidak bisa, karena ketika diklik secara online, Damar Kencana belum definitip jadi desa," terangnya.

Ditanya soal peran guru honor di daerah terpencil yang lebih aktif, Zik tak membantah hal tersebut. Karena saat ini menurutnya, Kabupaten Kepahiang masih kekurangan guru berstatus PNS. "Guru PNS kita banyak yang pensiun. Tapi hal itu tidak diimbangi dengan penambahan guru PNS baru. Sedangkan untuk penambahan guru honor, kita terkendala minimnya anggaran daerah. Waktu hearing di DPRD, sudah dikemukakan soal pentingnya guru honorer untuk menutupi guru yang pensiun, tapi eksekusinya lain," beber Zik.

Dengan demikian, sambung Zik, solusi yang dilakukan adalah dengan cara mencari tanaga honor yang berdomisili tak jauh dari sekolah di wilayah terpencil itu sendiri. "Guru guru honor itu ada yang digaji dari APBD, ada juga yang digaji dari dana BOS," tandasnya. (ton)

  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Dikbud Kepahiang Usulkan Motor Trail Kepsek Daerah Terpencil Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai