Tuesday, 13 February 2018

Dewan Sarankan BUMD Lebih Profesional


ZULKARNAIN THAIB. (FHOTO: FB/BUYONO)
CURUP RPP - Menanggapi dua opsi yang bakal dilakukan Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong (Pemkab RL) terhadap Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yakni PD. Rena Skalawi, Ketua Komisi II DPRD RL, Zulkarnain Thaib, SH, mengharapkan, nama Rena Skalawi tidak diganti.

Karena katanya, substansi dari maju atau tidaknya sebuah perusahaan, bukanlah terletak pada namanya, tetapi lebih kepada manajemen atau personel yang ada di dalam perusahaan itu sendiri. 

"Harapan kami namanya tetap Rena Skalawi, jangan diubah. Kalau manajemennya tentu sangat berpengaruh terhadap maju atau tidaknya sebuah perusahaan. Oleh karena itu yang perlu dirombak itu manajemennya. Direkturnya juga tidak harus dari orang luar RL, karena hal itu tidak menjamin juga kemampuannya. Bisa saja orang RL yang lebih mampu," ujar Zulkarnain.

Selain menunjuk orang yang benar-benar berkompeten untuk duduk dijajaran personil sebuah BUMD, tambahnya, hal lain yang harus diperhatikan juga mengenai bidang usaha. Karena sebuah BUMD sudah pasti menurutnya harus memiliki profit atau keuntungan, sehingga harus memiliki bidang usaha yang jelas dan pasti.

"Jadi kalau BUMD jangan buka fotokopi atau usaha sejenisnya yang sudah banyak digeluti masyarakat. Itu namanya membunuh usaha masyarakat. Tapi BUMD sebaiknya lebih profesional. Modalnya ada dan itu besar karena disuplai dari anggaran pemerintah," sarannya.

Anggota DPRD RL dua periode itu juga mencontohkan, sudah banyak BUMD di daerah lain yang lebih maju dan bukan hanya bergerak di bidang usaha kecil-kecilan. Namun skala usaha yang dikelola sudah tergolong besar, seperti pabrik dan lain sebagainya.

"Potensi SDM dan SDA kita banyak. Jika ada yang mampu dan mau memajukan BUMD Rena Skalawi, pasti bisa dan pasti kita dukung. Asalkan rencana kerja dan prospek kerjanya itu jelas dan menguntungkan untuk daerah," pungkasnya. (red)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Dewan Sarankan BUMD Lebih Profesional Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai