Sunday, 11 February 2018

Deretan Prestasi Novita Sari, Siswi Penyandang Tuna Netra

Novita Sari tunjukan piala yang pernah diraihnya.
Keterbatasan Bukan Penghalang untuk Meraih Prestasi

Suasana ruang kelas 2 Mandrasah Aliyah (MA) Baitul Makmur Curup, Jalan Desa Perbo Kecamatan Curup Utara, tak ubahnya seperti ruang kelas pada umumnya. Para siswa tampak serius menjalani aktivitas belajar mengajar seperti biasa. Tetapi, ada yang berbeda. Di ruang kelas ini ternyata terdapat seorang siswi dengan kondisi fisik yang tak biasa. Dia adalah Novita Sari, penyandang tuna netra sejak lahir.

APRI ADE ADIOSI, Curup Utara

Meskipun memiliki kekurangan fisik, namun Novita tidak pernah minder. Dia berbaur bersama teman-temannya yang memiliki kondisi fisik normal. Novita tidak ingin menjadikan kekurangannya sebagai alasan untuk melemahkan dirinya. Justru dia mampu membuktikan, walaupun menyandang tuna netra, tetapi bisa meraih banyak prestasi. Baik itu prestasi akademik maupun non akademik.

Di kelas, Novita tampak aktif. Dia bertanya kepada gurunya, jika ada pelajaran yang kurang dipahaminya. Semua penjelasan guru, disimaknya dengan baik dan dicatat menggunakan alat khusus, menjadi huruf braile. Bahkan banyak teman-temannya yang belajar kepada Novita.

Anak bungsu dari tiga bersaudara ini hidup di tengah keluarga sederhana. Dibesarkan oleh kedua orang tua yang berprofesi sebagai petani di Desa Sukarami Kecamatan Bermani Ulu. Sebagai anak, Novita memiliki cita-cita ingin membahagiakan kedua orang tuanya Misno dan Maryatun. Karena itu, dia akan terus belajar dan berjuang agar apa yang dicita-citakan bisa tercapai.

Wujud perhatian kedua orang tuanya pun begitu besar. Setiap hari, selalu pergi mengantar dan menjemput Novita ke sekolah menggunakan sepeda motor. Meskipun jarak tempuh dari desanya ke sekolah cukup jauh. "Saya diantar oleh orang tua saya. Kadang diantar ayah, kadang diantar ibu. Tekad mereka cukup kuat, bahwa saya harus menjadi orang pendidikan. Tidak boleh kalah dengan orang-orang dengan kondisi normal," kata Novita dengan mata berkaca-kaca.

Dorongan dan motivasi kedua orang tuanya itulah, menjadi penyemangat Novita untuk terus meraih prestasi, sejak duduk di bangku sekolah dasar. Seperti, pada saat dia masih belajar di SDLB banyak prestasi yang sudah diraihnya seperti, juara 2 lomba lagu melayu tingkat Kabupaten RL tahun 2011, juara 1 lomba lagu dangdut tingkat kabupaten tahun 2012. Masih di tahun yang sama, melangkah ke jenjang tingkat provinsi, Novita kembali meraih juara 1 lomba lagu dangdut. Sehingga, dia mewakili Provinsi Bengkulu untuk mengikuti lomba lagu dangdut di tingkat nasional pada Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) khusus penyandang tuna netra pada tahun 2012 di Nusa Tenggara Barat (NTB). Di ajang bergengsi ini, Novita berhasil mengharumkan nama daerah, sebagai juara 2 tingkat nasional.

Tidak hanya di bidang tarik suara, Novita juga berprestasi di bidang agama. Dia mewakili Kabupaten RL mengikuti ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi di Bengkulu Tengah tahun 2015. Pada ajang ini dia berhasil keluar sebagai juara 1, sehingga layak mewakili Provinsi Bengkulu mengikuti ajang MTQ tuna netra tingkat nasional di NTB tahun 2016. Lagi-lagi dia mampu mengharumkan nama daerah, keluar sebagai juara harapan 2.

Masih banyak deretan prestasi yang diraih oleh Novita. Dan, baru-baru ini dia kembali meraih juara 1 di ajang lomba solo song dalam rangka memperingati hari jadi SMA Negeri 1 Merigi Kabupaten Kepahiang. "Saya banyak mengikuti perlombaan. Baik itu yang diselenggarakan khusus penyandang tuna netra maupun umum. Alhamdulillah, meskipun kategori umum, saya bisa meraih juara. Seperti lomba solo song di SMAN Merigi belum lama ini," kata perempuan kelahiran Bermani Ulu, tahun 1999.

Bagi Novi, keterbatasan penglihatan tidak akan mematahkan semangatnya untuk terus mengukir prestasi. Dia akan terus belajar, tidak mudah berpuas diri, agar apa yang dicita-citakan bisa tercapai.
Sementara itu, Kepala MA Baitul Makmur Curup, Nuraini M, S.Pd.I mengatakan, Novita termasuk siswi yang cerdas. Dia selalu meraih rangking 1 di kelasnya, sejak masuk sekolah hingga saat ini. "Novita salah satu siswi berprestasi. Selama belajar di MA Baitul Makmur ini dia selalu meraih juara kelas. Walau pun cara belajarnya berbeda dibandingkan teman-temannya. Kami bangga kepadanya," pungkas Nuraini.(**)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Deretan Prestasi Novita Sari, Siswi Penyandang Tuna Netra Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai