Sunday, 11 February 2018

Delapan Kades Berharap Pemerataan Guru PNS



Kepala Bappeda Rejang Lebong, Zulkarnain, MT, didampingi Sekretaris Dinkes, Kapolsek, dan Koramil.
(FHOTO: ARPAN MAWI - DONI)
 
SBI RPP - Ada yang menarik saat Musyawarah Rencana Pembangunan Kecamatan (Musrenbangcam) Sindang Beliti Ilir (SBI) di Aula Kantor Camat SBI, Rabu (7/2) lalu. Jika biasanya para kepala desa mengusulkan berbagai macam pembangunan infrastruktur, namun kali ini, hampir seluruh kades mengusulkan adanya pemerataan guru PNS ke Kecamatan SBI, baik guru SD, SMP dan SMA. Sebab, hampir seluruh sekolah di wilayah ini kekurangan guru PNS, yang banyak guru berstatus honorer. 

"Di desa kami pak, ada dua sekolah, satu SD dan satu SMP Satu Atap. Tapi sangat disayangkan sekali, untuk SD hanya ada 2 guru PNS, sedangkanya di SMP hanya kepala sekolah saja yang PNS. Selain itu, seluruhnya honorer. Bagaimana anak-anak kami bisa pintar kalau tenaga pendidiknya semua honorer," kata Kepala Desa Lubuk Belimbing 2, Midar Mini.

Sekedar diketahui, sejumlah pejabat hadir di Musrenbangcam SBI ini. Antara lain Kepala Bappeda Rejang Lebong, Zulkarnain MT, Sekretaris Dinas Kesehatan RL, Camat SBI, Koramil/Polsek Kota Padang, Kepala Puskesmas SBI, Kepala KUA SBI, dan seluruh kades se-Kecamatan SBI, serta puluhan warga desa lainnya.

Menyikap permohonan para kades itu, Kepala Bappeda RL Zulkarnain MT, mengatakan, seharusnya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten RL hadir dalam acara Musrenbangcam ini. Sehingga mereka bisa mendengar langsung apa yang dibutuhkan masyarakat di Kecamatan SBI ini. "Hasil musyawarah ini akan kami sampaikan kepada Bupati RL," kata Zulkarnain.

Dia mengakui, jika guru PNS di wilayah perkotaan sudah cukup banyak, bahkan ada yang lebih. "Alangkah baiknya mereka itu ditugaskan di Kecamatan SBI ini," jelas Zulkarnain.

Sementara itu, berdasarkan data yang diperoleh RPP dari Unit Pelaksana Tenik (UPT) Dinas Dikbud di Kecamatan PUT, ada 8 SD di Kecamatan SBI. Rincinya, SDN 67 RL, memiliki 4 guru PNS, SDN 149 RL memiliki 4 guru PNS, SDN 27 RL memiliki 3 guru PNS, SDN 101 RL memiliki 5 guru PNS, SDN 86 RL memiliki 2 guru PNS, SDN 39 RL memiliki 2 guru PNS, SDN 133 RL juga memiliki 2 guru PNS, dan SDN 156 RL memiliki 3 guru PNS. 


Di bagian lain, menanggapi permintaan para kades di Kecamatan SBI terkait pemerataan guru PNS itu, Kepala Dinas Dikbud RL, T. Samuji, S.Pd, melalui Kepala Bidang (Kabid) Ketenagakerjaan, Berlian, S.Pd, mengatakan, saat pihaknya sedang melakukan pendataan. 
Dinas Dikbud RL, katanya, masih mengumpulkan data berapa kebutuhan guru untuk sekolah-sekolah yang ada di desa terpencil atau terpelosok. "Sekarang, kami masih mengumpulkan data dan menunggu laporan dari sekolah-sekolah," kata Berlian.

Untuk sementara ini, tambahnya, Disdik RL masih memanfaatkan guru honorer dari warga setempat. Sembari mendapatkan data berapa kebutuhan guru di desa-desa tersebut.
Meski demikian, menurut Berlian, para honorer yang direkrut menjadi tenaga pendidik itu sudah memiliki pengalaman, karena sudah lama mengajar di sekolah tersebut. "Untuk sementara, kita prioritaskan warga asli daerah setempat. Walaupun belum sarjana, tetapi sudah berpengalaman. Selain itu, komunikasinya ke murid juga lebih baik ketimbang guru yang baru kita tempatkan nantinya," pungkasnya. (red) 
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Delapan Kades Berharap Pemerataan Guru PNS Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai