Monday, 5 February 2018

Damar Kencana Tak Pernah 'Cicip' Dana Desa


PEMUKIMAN warga Dusun 13 (Damar Kencana) Desa Sosokan Taba. (FHOTO: TONI)
KEPAHIANG RPP - Desa Sosokan Taba Kecamatan Muara Kemumu terbagi 13 Dusun. Satu diantaranya adalah Dusun Damar Kencana. Menariknya, sejak adanya program Dana Desa yang dikucurkan pemerintah pusat, ternyata Dusun Damar Kencana belum sekali pun mencicipinya. Hal ini diungkap oleh Kepala Dusun (Kadus) 13, Medol, diamini Kadus 12, Asbul.

"Jangankan dana dari APBD Kabupaten Kepahiang, Dana Desa Sosokan Taba pun belum pernah mengalir ke Damar Kencana," ungkap Medol, kemarin.

Ia berharap DD Sosokan Taba dapat pula direalisasikan di Damar Kencana, sehingga manfaat program pemerintah pusat itu juga dirasakan masyarakat di wilayah ini. "Kita usulkan pembukaan badan jalan ke desa induk sepanjang 7 Km. Untuk air bersih, kita juga sudah bentuk kelompok keswadayaan masyarakat untuk program Pamsimas," katanya.

Di bagian lain, tokoh masyarakat setempat, Suparno menambahkan, warga Damar Kencana berniat untuk mekar dari Desa Sosokan Taba dengan membentuk desa sendiri. "Kita sudah pernah sampaikan perihal usulan pemekaran ke Bupati Kepahiang, Pak Dayat," sampai Suparno.

Baca juga: http://www.radarpatpetulainews.com/2018/02/miris-puluhan-tahun-tak-diperhatikan.html

Menurut Suparno, Damar Kencana sudah layak menjadi desa, karena selain punya wilayah yang memadai, penduduknya juga cukup banyak yakni mencapai 300 kepala keluarga. "Saya kira syarat sudah cukup. KK banyak, SD ada, masjid ada, TPU juga sudah ada. Hanya saja belum ada Puskesmas, tapi lahan hibah sudah disiapkan, termasuk juga lahan PAUD, sudah disiapkan," terang Suparno.

Ia berharap agar usulan pemekaran Desa Damar Kencana bisa diakomodir. Hal itu, sambungnya, akan berdampak baik untuk pembangunan di wilayah tersebut. "Kalau sudah mekar dan jadi desa definitip, sudah barang tentu pembangunan fasilitas di desa bisa dialokasikan melalui ADD atau DD. Tapi kalau saat ini, sepeser pun belum ada DD yang mengalir ke sini," pungkas Suparno. (red) 
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Damar Kencana Tak Pernah 'Cicip' Dana Desa Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai