Tuesday, 20 February 2018

Awas..! Uang Palsu Beredar


INI uang palsu yang jadi barang bukti laporan korban. (FHOTO:IST/BUYONO)
CURUP RPP - Kapolres Rejang Lebong AKBP Napitupulu Yogi Yusuf SH, S.Ik melalui Kasat Reskrim AKP Chusnul Qomar SH, S.Ik, mengimbau masyarakat di wilayah hukumnya mewaspadai peredaran uang palsu (upal). 

Soalnya, pada Senin (19/2) malam kemarin, telah terjadi tindak pidana penipuan menggunakan upal yang dialami Camar Heriyanto (17), warga Kelurahan Air Putih Lama, Curup. 

Sayangnya, remaja yang terbilang masih pelajar ini tidak mengenali pelakunya. Malam itu juga, kasus ini dilaporkan korban ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polres RL.

Kronologis kejadian, bermula ketika korban menjual 1 unit handphone merek i-Phone 5S warna gray melalui lapak jual beli di media faceebook. Pembelinya adalah seorang pria yang juga sesama pengguna facebook, dengan kesepakatan harga Rp 1.500.000. Lokasi serah terima barang pun disepakati, yakni di halte depan RSUD Curup di Jalan Basuki Rahmad Kelurahan Dwi Tunggal, Curup.

Tak butuh waktu lama, si pembeli pun datang bersama seorang rekan sebayanya dengan mengendarai motor jenis Yamaha Vixion warna putih. Tanpa perundingan lebih lanjut, pelaku kemudian merogoh dompet, dan menyerahkan lembaran uang kertas (yang ternyata palsu, red) senilai Rp 100.000 sebanyak 15 lembar. Setelah menerima uang, korban pun menyerahkan handphone yang dijualnya. Pelaku pergi, korban pun pulang ke rumahnya. 

"Korban baru sadar ketika sudah tiba di rumah. Dia membandingkan uang yang diterimanya dengan uang asli, dan ternyata ada perbedaan," ujar Kasat Reskrim. 

Perwira dengan tiga balok di pundak ini juga menerangkan, ciri-ciri uang kertas asli warnanya cerah, karena dicetak dengan tinta khusus. Dilihat di dalam uang kertas itu ada benang pengaman yang vertikal putus-putus, dan kalau digerakkan (benangnya, red) warnanya berubah-ubah karena hologram. Uang kertas asli memiliki ciri, bertekstur kasar bila diraba. Kemudian bila diterawang dengan cahaya, akan tampak gambar pahlawan serta logo Bank Indonesia yang rectoverso. Sementara pada uang palsu, gambar pahlawan dan logo rectoverso tersebut tidak akan muncul saat diterawang. 

"Jadi masyarakat perlu hati-hati ketika menerima atau bertransaksi menggunakan uang, apalagi pada malam hari dengan kondisi tak begiru terang. Ini supaya menjamin keaslian uang yang diterima, sehingga tidak menjadi korban berikutnya. Dan jika melihat ada pelaku pengedarnya, segera laporkan ke pihak berwajib," pungkasnya. (red) 
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Awas..! Uang Palsu Beredar Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai