Monday, 22 January 2018

Rp 8 Miliar untuk Jamkesda


CURUP RPP - Tahun ini, dana jaminan kesehatan daerah (jamkesda), dianggarkan Rp 8 miliar, untuk meng-cover 23.000 warga miskin di Kabupaten Rejang Lebong (RL).

Plt. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten RL, Syamsir, SKM, MKM, menyampaikan, anggaran jamkesda tersebut, untuk mendukung salah satu program Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) RL, berobat gratis untuk masyarakat miskin.

Syamsir menambahkan, Pemkab RL melalui Dinkes RL, sudah mengintegrasikan program jamkesda ke BPJS Kesehatan Cabang Curup. Maka tahun ini, pihaknya berencana bekerjasama lagi dengan BPJS Kesehatan.  "Ketika sudah kerjasama dengan BPJS Kesehatan Cabang Curup, maka masyarakat yang mendapatkan jamkesda akan mendapatkan jaminan kesehatan sampai akhir tahun 2018. Mereka akan menerima kartu kartu JKN-KIS dari BPJS Kesehatan," tambahnya.

Menurut Syamsir, penerima program jamkesda yakni masyarakat dari kalangan kurang mampu yang memang belum masuk di KIS, yang iurannya dibayarkan Pemerintah Pusat melalui APBN. Untuk memperoleh jamkesda, masyarakat harus menyertakan SKTM dan termasuk masyarakat yang perlu mendapatkan program berobat gratis dari Pemkab RL.
"Jumlah yang bisa menggunakan jamkesda memang mengalami peningkatan sangat jauh. Tahun 2017 kita hanya bisa meng-cover 18.000 jiwa. Tapi sekarang sudah 23.000 jiwa," pungkasnya. (ben)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Rp 8 Miliar untuk Jamkesda Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai