Wednesday, 3 January 2018

Pesona Danau Telapak Kaki Bukit Daun

Eksotisme Danau Telapak Kaki di Bukit Daun, Kabupaten Rejang Lebong
BU RPP - Rabu (3/1), perangkat Desa Sentral Baru Kecamatan Bermani Ulu (BU) bersama kelompok Pemuda Sadar Wisata Desa Sentral Baru yang beranggotakan delapan orang, meninjau lokasi objek wisata Danau Telapak Kaki Bukit Daun, di puncak Bukit Daun, Desa Sentral Baru, Kecamatan Bermani Ulu.

Perjalanan menuju Danau Telapak Kaki Bukit Daun membutuhkan waktu 4-5 jam perjalanan, jika dimulai dari Sentral Baru, melewati PT. Agro Teh Bukit Daun dan hutan lindung. "Untuk kedalaman, pernah diukur oleh masyarakat dengan secara manual menggunakan lima gulung benang nilon yang diikat batu. Itupun sudah sangat lama sekali," terang Kepala Desa (Kades) Sentral Baru, Yongki Aprizal.

Kades Sentral Baru, Yongki Aprizal foto bersama dengan team perangkat desa yang akan berangkat menuju kelokasi peninjauan objek wisata Danau Telapak Kaki.
Danau Telapak Kaki Bukit Daun berada di ketinggian lebih kurang 2.200 meter dari permukaan laut, dengan kedalaman berkisar 500 meter dan luas danau diperkirakan 4 hektare. Sepanjang jalan, mata akan disuguhkan keindahan alam yang masih sangat alami dan indah. Pohon-pohon yang sudah tua dan sangat rindang, serta bunga-bunga hutan yang jarang ditemui, menambah pesonanya.
"Tujuan kita kita melakukan peninjauan  Danau Telapak Kaki Bukit Daun ini, selain mendukung program pemerintah mewujudkan Rejang Lebong kota wisata, pemerintah desa juga ingin memastikan Danau Telapak Kaki Bukit Daun tetap terjaga keasriannya. Karena danau ini sumber kehidupan yang mengalirkan air ke berbagai wilayah, mulai dari Kecamatan Bermani Ulu (BU), Kecamatan Bermani Ulu Raya (BUR) dan sekitarnya," tambah Yongki.

Menurutnya, dalam waktu dekat, pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemkab RL melalui Dinas Pariwisata, sebagai tindak lanjut pengembangan objek wisata. Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan BKSDA Wilayah Provinsi Bengkulu, karena Danau Telapak Kaki Bukit Daun masuk dalam hutan lindung.

Yongki meninjau lokasi bersama Sekretaris Desa (Sekdes) Sentral Baru, Carles, Kaur Pemerintahan, Parlin, Kasi Kesejahteraan, Johan Nazir, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Redo Siswanto, kelompok Pemuda Sadar Wisata Desa Sentral Baru, Adi Kusuma, Suryadi, dan Yosep Photo Art. (red)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Pesona Danau Telapak Kaki Bukit Daun Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai