Tuesday, 16 January 2018

Korsleting Listrik, Rumah dan 3 Mobil Nyaris Terpanggang


TAMPAK 2 unit armada PBK dari Pemkab Rejang Lebong sedang menyiramkan air ke rumah yang terbakar.
MERIGI RPP - Sekira pukul 20.30 WIB, Selasa (16/1), warga Desa Simpang Kota Bingin Kecamatan Merigi, Kepahiang, mendadak heboh. Pasalnya, sebuah rumah yang diketahui milik Dahlan (39), warga setempat, mendadak muncul api. Beruntung api yang baru saja akan membesar itu cepat diketahui warga sekitar, sehingga berhasil dipadamkan sebelum merambat ke rumah-rumah di sekitarnya. 

Informasi terhimpun, api pertama kali diketahui Reka (38), famili yang juga bertetangga dengan korban. Api muncul dari kamar rumah bagian bawah yang disewa oleh pedagang sate. "Tadi itu kami sedang makan opak, sembari memesan sate. Tiba-tiba listrik rumah ini padam. Lalu suami saya hendak menaikkan meteran listrik, tapi saya larang, karena ada bau asap keluar dari dalam rumah,"  kata Reka kepada RPP di lokasi.

Dia kemudian meminta anak pedagang sate untuk melihat ke dalam rumahnya untuk memastikan asal bau tak sedap tersebut. "Namun belum sempat anak itu masuk rumah, saya melihat ada cahaya merah dari dalam rumah bagian bawah yang disewa pedagang sate ini. Begitu tau kalau itu api, saya berlari ke belakang sambil berteriak meminta pertolongan warga," terang Reka yang diketahui merupakan keponakan korban.

Mendengar teriakannya, sambung Reka, warga sekitar berduyun-duyun mendatangi lokasi sembari membawa peralatan seadanya. Tetangga korban yang diketahui memiliki 3 unit mobil pun tergesa-gesa mengeluarkan mobil-mobil yang terparkir bersebelahan dengan rumah yang terbakar. "Untungnya ada selang air yang biasa kami pakai untuk mencuci motor, sehingga warga pun berupaya memadamkan api dengan air yang ada. Sementara suami saya langsung menghubungi pihak pemadam kebakaran milik Pemda Rejang Lebong," tambah Reka.

Keterangan lain disampaikan Kepala Desa Simpang Kota Bingin, Rudia Iskandar. Dikatakannya, begitu mendengar teriakan kebakaran, dia dan sejumlah warga lain berhamburan menuju asal teriakan. Dan begitu mengetahui adanya rumah warga yang terbakar, tanpa dikomando, warga langsung berupaya melakukan pemadaman. "Jadi, sembari menunggu petugas pemadam kebakaran datang, warga sudah berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya. Mujurnya api berhasil dijinakkan sebelum sempat membesar," kata kades.

Ditanya soal kerugian korban atas kejadian itu, kades belum dapat menyebutnya, mengingat keluarga korban juga masih dalam kondisi panik dan trauma, sehingga belum dapat dikonfirmasi. "Alhamdulillah api tak membesar, kalu sampai merambat ke rumah-rumah lain, tak dapat kami bayangkan apa yang akan terjadi, karena rumah di lingkungan ini tergolong padat," ucap kades.

Pantauan RPP di lapangan, lokasi kejadian yang berada sekitar 200 meter dari gerbang batas Kabupaten Rejang Lebong dengan Kabupaten Kepahiang itu, dipadati oleh ratusan warga. Baik warga setempat, maupun para pengendara yang sengaja berhenti untuk melihat kejadian. Puluhan personel polisi dari Polsek Ujan Mas yang dikomando oleh Iptu Aswani Kuncoro, juga terlihat di lokasi, termasuk beberapa petugas kepolisian dari Polres Rejang Lebong. Informasi yang diterima RPP dari kepolisian, sumber api diduga berasal dari korleting listrik di salah satu kamar di bagian bawah rumah. (red)

  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Korsleting Listrik, Rumah dan 3 Mobil Nyaris Terpanggang Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai