Thursday, 18 January 2018

Dor...! Bandit Ranmor Keok



TERSANGKA dan barang bukti saat press release di Satreskrim Polres RL.
CURUP RPP - Kerja keras Tim Buser Satreskrim Polres Rejang Lebong bekerjasama dengan Unit Reskrim Polsek Curup membuahkan hasil. Dalam kurun waktu kurang dari 2 jam, tim berhasil menangkap seorang tersangka spesialis pencurian kendaraan bermotor (curanmor) berinisial BA (25), warga asal Lubuklinggau yang menetap tinggal di Desa Kepala Curup Kecamatan Binduriang, Rabu (17/1) sekira pukul 19.30 WIB di Kelurahan Beringin Tiga Kecamatan Sindang Kelingi.

BA ditangkap dalam pelariannya setelah mencuri motor jenis Yamaha Vega ZR BD 5545 KK di halaman SMKN 1 RL, 1 jam sebelum ditangkap. Korban adalah Ervin Widi Pranata (24), warga Jalan Sapta Marga, Dusun I Desa Teladan Kecamatan Curup Selatan. Sementara dua pelaku lainnya, yakni Fe dan Ap, masih dalam pengejaran petugas.

Dalam jumpa pers yang digelar Kanit Pidana Umum (Pidum) Satreskrim Polres RL, Ipda Hengki Noprianto, SH, Kamis (18/1), penangkapan tersangka berawal dari laporan kehilangan dari korban. Kemudian petugas melakukan pemeriksaan CCTV di Sukaraja, dan diketahui pelaku membawa kabur sepeda motor korban ke jalan lintas Curup - Lubuklinggau.

Selanjutnya anggota Polsek Sindang Kelingi melakukan pencegatan di depan Polsek Sindang Kelingi. Namun tersangka nekad menerobos hadangan petugas. 
Tak mau kehilangan buruannya, petugas melakukan pengejaran dan sekitar 100 meter setelah melewati polsek, pelaku berhasil ditangkap dan petugas melakukan penggeledahan.

Petugas menemukan beberapa barang bukti yang menguatkan jika tersangka merupakan pelaku curanmor. Tapi setelah ditangkap tersangka masih berusaha melarikan diri dan setelah diberikan tembakan peringatan masih juga berupaya kabur hingga kemudian petugas melumpuhkannya dengan timah panas di betis kaki sebelah kiri pelaku.

"Pelaku merupakan residivis di Kota Lubuklinggau dengan hukuman empat bulan penjara. Sementara ini dia terlibat di dua TKP tapi kita masih melakukan pengembangan. Hasil pemeriksaan sementara, pelaku sudah sering melakukan curanmor, termasuk di RL," ungkap Hengki.

Selain pelaku curanmor, berdasarkan barang bukti yang berhasil diamankan petugas dari tersangka polisi menduga kuat pelaku ini komplotan pelaku pecah kaca. Barang bukti yang diamankan petugas yakni satu unit sepeda motor Yamaha Vega ZR BD 5545 KK, kunci T, besi ranjau ban yang terbuat dari potongan besi payung yang sudah dimodifikasi dan pecahan busi yang biasa digunakan untuk melakukan tindak pidana pecah kaca.

"Sepertinya dia ini komplotan pelaku pecah kaca, karena dari saku tersangka ada pecahan busi yang biasa digunakan untuk memecahkan kaca mobil. Nanti akan kita kembangkan lagi," tukasnya.

Meski tergolong bandit besar, ternyata pelaku masih tidak kuat menahan sakit akibat peluru tembak polisi. Tersangka tampak meringis dan mengaduh kesakitan saat dibawa petugas dari sel tahanan Polres RL.

Dari pengakuan tersangka kepada wartawan koran ini, sebelum mencuri kemarin, ia sudah pernah dua kali melakukan pencurian sepeda motor di Curup. Pertama ia mencuri sepeda motor jenis Yamaha Mio dan yang kedua sepeda motor jenis Yamaha Vixion. Hanya saja ia tidak begitu hapal nama wilayah pencurian tersebut.

"Aku ini aslinyo dari Linggau, Pak, di Kayu Aro dekat Masjid. Aku di Kepala Curup la tujuh bulan ikut sanak aku. Kareno aku ribut dengan keluargo aku. Kalau di Curup la tigo kali ini aku ngambik motor. Tapi aku idak pernah nian mecah kaco apo nodong di jalan lintas Curup - Linggau. Itu alat pecah kaco kawan aku yang kabur," kata pelaku sambil meringis, menahan nyeri di kakinya.

Kini pelaku mendekam di sel tahanan Polres RL untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Sementara dua orang pelaku lainnya masih dalam pengejaran petugas. (red)


  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Dor...! Bandit Ranmor Keok Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai