Tuesday, 16 January 2018

Curug Papat, Air Terjun Penuh Pesona

Air Terjun Curug Papat Desa Kayu Manis Selupu Rejang
SELUPU REJANG RPP - Satu lagi air terjun yang memiliki pesona begitu indah, yakni Curug Papat.  Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 70 meter, kedalaman muara yang terdalam 2 meter, sedangkan pada bagian lainnya sangat nyaman untuk berenang atau mandi.

Di sekitar air terjun, banyak bebatuan yang besar-besar, dan menjadi daya tarik tersendiri untuk berfoto. Ditambah lagi pemandangan yang begitu indah dan masih sangat alami. Luas objek pariwisata ini diperkirakan 1 hektare, dan air terjun berasal dari Sungai Merasi Blok 40 di Dusun II (Talang Sumpel) Desa Kayu Manis Kecamatan Selupu Rejang.

Air Terjun Curug Papat ini baru dibuka oleh masyarakat Kayu Manis, satu minggu yang lalu. Survei dilakukan Tim Kecamatan Selupu Rejang yang terdiri dari Sekcam, Drs. Arif Mulyadi, MM, Kasi P3U, Kasi Pemerintahan serta jajaran, didampingi Bhabinkantibmas, Aipda Ezergan, Babinsa, Serka Sudiro, perwakilan SKH Radar Pat Petulai (RPP), Kades Kayu Manis, Mulyono, Ketua BUMDes, Bahar Makruf dan warga.


Kepala Desa (Kades) Kayu Manis, Mulyono, mengatakan, untuk mencapai air terjun dibutuhkan waktu  setengah jam, atau jaraknya 6 kilometer, dari batas masuk desa. Sedangkan dari tempat parkir dibutuhkan waktu 10 menit menuruni lembah untuk mencapai lokasi air terjun tersebut. Rencananya, untuk menuruni lembah akan dibuatkan 1001 tangga, agar pengunjung lebih nyaman.

Ia menambahkan, tanah ini milik warga Kayu Manis yang dihibahkan untuk desa, dan akan dikelola oleh BUMDes, sebagai salah satu penghasilan unggulan BUMDes. "Harapannya, Pemerintah Daerah Rejang Lebong (RL) bisa membangun jalan hotmix. Mengingat baru 2 kilometer jalan yang di-hotmix, dan sisanya sepanjang 4 kilometer baru pengerasan. Jika di-hotmix seluruhnya, maka akan mempermudah dan memberikan kenyamanan kepada para wisatawan," harap Mulyono.

Camat Selupu Rejang, Zainal, S.Sos, melalui Sekcam, Drs. Arif Mulyadi, MM, menambahkan, dari hasil survei, tim menyakini jika dilihat dari keindahannya, Air Terjun Curug Papat akan banyak dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun dari luar Kabupaten RL. Pihak kecamatan juga siap mendukung dibukanya Air Terjun Curug Papat tersebut. (red) 
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Curug Papat, Air Terjun Penuh Pesona Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai