Monday, 4 December 2017

Turnamen Voli Apur Cup 1 Dimulai

SEMANGAT: Panitia bersama Kades, Babinsa, Bhabinkamtibmas, tokoh agama, dan tokoh masyarakat Desa Apur berfoto bersama di pembukaan turnamen voli Desa Apur Cup
SBU RPP - Beragam cara dilakukan oleh para pemuda, pemudi, dan tokoh-tokoh masyarakat Lembak untuk memulihkan stigma negatif tentang daerah ini. Seperti yang dilakukan sejumlah pemuda pemudi Desa Apur Kecamatan Sindang Beliti Ulu (SBU) ini. Atas gagasan dan ide Safarudin (29), salah seorang tokoh pemuda desa setempat, pemuda-pemudi yang tergabung dalam organisasi Karang Taruna Tunas Muda Desa Apur menyelenggarakan turnamen voli khusus untuk kalangan muda di 7 kecamatan se Lembak. 
Kegiatan bertajuk Pekan Olahraga Desa (Pordes) Apur 2017 tersebut mulai digelar pada Minggu (3/12) kemarin di Lapangan AVC Desa Apur, dibuka langsung oleh kepala desa setempat, Hasan Zaini.

Dibincangi di sela-sela kesibukannya sebagai ketua panitia kegiatan, pria yang akrab disapa Safar ini menerangkan, proses perencanaan pagelaran turnamen ini sudah dilakukan sejak jauh-jauh hari. Pengumuman berikut aturan main pun sudah dilakukan sejak 25 Oktober 2017 lalu. Sayangnya, untuk pelaksanaan kegiatan tersebut pihaknya terkendala pendanaan. "Alhamdulillah Bang, pesertanya lumayan banyak, dari seluruh undangan yang kita sampaikan ke karang taruna masing-masing desa di 7 kecamatan se Lembak, ada 36 klub yang mendaftarkan diri," ujar lulusan Politeknik Raflesia Curup angkatan 2017 ini.

Menurut Safar, pihaknya sengaja tidak memasukkan kategori putri pada turnamen kali ini. Alasannya, selain keterbatasan dana yang dimiliki, juga karena klub voli putri di wilayah ini tak begitu banyak. Berbeda dengan klub voli putra yang diakui cukup banyak. "Apur Volly Club (AVC) ini saja pernah mencatat sejarah sebagai jawara voli di wilayah Lembak," cerita Safar. 

Dijelaskannya, pada turnamen ini pihaknya menyiapkan tropi, piagam, dan uang pembinaan untuk tiga juara. Rinciannya, juara I berhak mendapat tropi, piagam, dan uang pembinaan sebesar Rp 1.500.000. Juara II mendapat tropi, piagam, dan uang pembinaan sebesar Rp 1.000.000. Dan juara III juga mendapatkan tropi, piagam, serta uang pembinaan sebesar Rp 700.000. 

Dia juga menerangkan, dana penyelenggaraan dan hadiah yang disiapkan panitia tersebut bersumber dari biaya pendaftaran sebesar Rp 100 ribu per klub, ditambah dengan sumbangan dari pihak ketiga yang tidak mengikat, serta partisipasi Kades Apur, sebagai pembina karang taruna. "Atas nama panitia, kami mengucapkan terimakasih kepada Ketua KONI RL, Ketua FORMI RL, Kepala Biro Organisasi Pemprov Bengkulu, Anggota DPRD RL Dapil III, Direksi PT Praja Mandiri, dan Direksi PT Rama di Air Apo yang telah mensupport kami sehingga terselenggaranya turnamen ini," pungkasnya.

Sementara Kades Apur, Hasan Zaini, mengaku sangat mengapresiasi kreativitas seluruh pengurus Karang Taruna Desa Apur yang melaksanakan kegiatan keolahragaan ini. "Sebagai pemerintah desa, tentu kami sangat mendukung kegiatan ini. Hendaknya, turnamen ini dapat menjadi ajang penyambung dan mempererat silaturrahmi antar pemuda dan pemudi yang ada di 7 kecamatan di Lembak ini. Kalah menang dalam kompetisi adalah hal yang lumrah, namun kekompakan dan keakraban antar pemuda, itu yang diutamakan. Selamat bertanding, bermainlah dengan sportif," pesan Kades dalam sambutannya sebelum membuka turnamen secara resmi.

Pantaun RPP, acara pembukaan turnamen voli itu juga dihadiri oleh Babinsa Koramil PUT Sertu Zulkairi, Bhabinkamtibmas Polsek PUT Brigpol Marzuki, Ketua Karang Taruna Tunas Muda Desa Apur Rio Fernandes, serta sejumlah tokoh masyarakat, tokoh agama, dan ratusan masyarakat desa setempat. Di hari pertama turnamen yang direncanakan berlangsung selama 20 hari ini, mempertemukan klub AVC KK Vs Kampung Jeruk, dilanjutkan dengan pertandingan kedua antara klub voli Karang Pinang VS BVC B. (**)

  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Turnamen Voli Apur Cup 1 Dimulai Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai