Thursday, 28 December 2017

Sopir Ngantuk, 1 Penumpang Tewas 1 Patah Kaki Tangan


SALAH satu korban luka berat, Silman, saat tiba di RSUD Curup dengan mobil Patroli Kodim 0409/RL.
SINDANG KELINGI RPP - Kecelakaan lalu lintas menelan korban jiwa terjadi di Desa Tanjung Aur Kecamatan Sindang Kelingi, Kamis (28/12) sekira pukul 06.30 WIB. Laka tunggal itu dialami mobil jenis Daihatsu Xenia warna silver Nopol BD 1183 GA yang dikemudikan Suryadi (43), warga Kecamatan Ujan Mas, Kabupaten Kepahiang. 

Akibat kejadian itu, satu orang penumpang atas nama Joni (14), meninggal dunia. Satu penumpang lagi atas nama Silman (48) mengalami patah pergelangan tangan kiri, patah kaki kanan, dan menderita luka robek di kepala. Sedangkan dua penumpang lainnya, yakni Mardiana (45) dan Fajri (16), tidak mengalami luka berarti, hanya mengalami shock. 

Dikonfirmasi, Kapolres Rejang Lebong (RL), AKBP Napitupulu Yogi Yusuf, SH, SIK, melalui Kasat Lantas Polres RL AKP Kusman Jaya menerangkan, korban meninggal dunia (Joni, red) adalah anak kandung dari korban patah tangan dan kaki (Silman, red). Sedangkan istri korban Silman, yakni Mardiana hanya cidera ringan. "Mereka ini satu keluarga, mereka hendak pulang ke Air Sebakul, Kota Bengkulu. Sedangkan penumpang lain atas nama Fajri, pulang ke Desa Teladan Kecamatan Curup Selatan," terang Kasat.

Kronologis kejadian, tambah Kasat, sebelum terjadi kecelakaan, mobil melaju dari arah Kota Lubuklinggau menuju Curup. Saat memasuki wilayah Desa Tanjung Aur, yang terdapat tikungan landai ke kanan, pengemudi mengantuk kemudian tersenyap. Sehingga mobil lepas kendali dan keluar dari jalan raya lalu masuk ke jurang sedalam 6 meter di kiri jalan. "Kejadiannya pagi hari, jadi lalu lintas saat itu tergolong sepi, jalan beraspal hotmix, dan cuaca cukup cerah. Sementara ini, peristiwa terjadi diduga akibat kelalaian pengemudi yang mengendarai mobil dalam kondisi mengantuk dan tertidur. Selain itu, baik pengemudi maupun penumpang tidak menggunakan safety belt. Tindakan yang diambil adalah mendatangi TKP, mengamankan BB, dan mengevakuasi korban ke rumah sakit," jelasnya.

Informasi lain yang diterima redaksi dari Pasi Intel Kodim 0409/RL, Kapten Inf Botani Kenedi menyebutkan, pagi itu dirinya hendak ke Kota Lubuklinggau untuk suatu keperluan dinas. Di perjalanan, persisnya ketika memasuki kawasan Kecamatan Sindang Kelingi, Pasi Intel mendapat informasi adanya kecelakaan tersebut. Pasi Intel pun segera menuju lokasi kejadian. Dan setelah melihat adanya mobil berpenumpang di bawah jurang, dia pun menyetop beberapa anggota TNI yang melintas di lokasi. Selanjutnya, bersama-sama para prajurit tersebut mereka mengevakuasi korban. "Kebetulan hari ini (kemarin, red), seluruh anggota Koramil akan upacara di Makodim, makanya banyak yang lewat saya setop untuk membantu proses evakuasi. Saya juga langsung menghubungi Pospam Natal dan Tahun Baru yang berada tak jauh dari lokasi, lalu bersama-sama kita lakukan evakuasi korban. Empat korban kita larikan ke rumah sakit menggunakan mobil kita. Sementara korban lainnya dibawa menggunakan mobil patroli polisi," kata Boken, sapaan akrab Botani Kenedi. 

Di bagian lain, Kapolres RL, AKBP Napitupulu Yoigi Yusuf, SH, SIK melalui Kapolsek Sindang Kelingi, Iptu Suandi yang menjabat Padal (Perwira Pengendali) Pospam Tanjung Aur kembali menegaskan, di jalan dimana terjadinya kecelakaan tersebut terdapat pos yang ditempati sejumlah personel Polri dan TNI, termasuk tenaga medis. "Pendirian pos ini, selain sebagai posko pengamanan, juga dapat menjadi tempat singgah bagi pengemudi atau pengguna jalan untuk beristirahat atau meminta bantuan jika terjadi kendala di perjalanan. Jadi sekali lagi kami imbau, kepada para pengemudi yang lelah atau mengantuk, silakan mampir di pospam-pospam terdekat, kami akan melayani Anda," pungkasnya. (red)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Sopir Ngantuk, 1 Penumpang Tewas 1 Patah Kaki Tangan Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai