Friday, 1 December 2017

RL Tak Miliki Stok Obat ODGJ

Plt Kadinkes RL, Syamsir SKM MKM
CURUP RPP - Guna menjalani perawatan, orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) memerlukan obat khusus yang harus dikonsumsi terus menerus secara rutin. Namun sayangnya, seluruh Puskesmas di Kabupaten Rejang Lebong (RL) tidak ada yang menyedikan obat tersebut.

Hal tersebut disampaikana Kasi P2 PTM Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Reno Riyawan SKM MKM di kegiatan Sosilisasi Kesehatan Jiwa beberapa waktu lalu. "Pengajuan stok obat ODGJ ini sudah kita siapkan tahun 2016 lalu, namun tidak ada satu pun puskesmas yang mengajukan stok obat ODGJ ini, maka di tahun 2017 program obat ODGJ untuk puskesmas dihilangkan dan hingga sekarang memang betul tidak ada puskesmas di RL yang menyetok obat ODGJ ini," sampai Reno.

Guna memperoleh obat ODGJ ini, pihak keluarga mesti datang langsung ke Rumah Sakit Kesehatan Jiwa Bengkulu. "Mengkonsumsi obat khusus ODGJ ini tidak boleh putus, seharusnya stok obat ini ada di Kabupaten RL untuk memudahkan keluaga penderita ODGJ," papar Reno.

Menyikapi hal tersebut, Plt Kepala Dinkes RL, Syamsir SKM MKM menyampaikan bahwa di tahun 2018 mendatang pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinkes Provinsi Bengkulu dan pihak-pihak lainnya untuk menyetok obat khusus ODGJ ini di RL. "Nanti akan kita siapkan puskesmas khusus untuk menyediakan obat ODGJ ini, karena obat ini memang harus disediakan di Kabupaten RL ini," pungkas Syamsir. (red)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: RL Tak Miliki Stok Obat ODGJ Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai