Friday, 22 December 2017

Muda Berkarya Melawan Korupsi..!


ENDANG Saputra dikukuhkan sebagai Panglima Integritas oleh Wakil Ketua KPK, Thony Saut Situmorang, ditandai dengan pemasangan syal Tali I.
CURUP RPP - Ketua Umum Muda Berkarya, Endang Saputra menyampaikan, dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia (HAKORDIA) yang jatuh pada tanggal 11 Desember 2017, ada beberapa  kegiatan yang dilaksanakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Salah satunya, pemilihan dan penganugerahan Taman Bacaan Masyarakat (TBM), lembaga dan komunitas literasi, untuk mendapat penghargaan dan dilantik sebagai Panglima Taman Literasi Integritas (Tali Integritas).
Bersama 40 TBM, lembaga dan komunitas literasi lainnya, Muda Berkarya juga dipercaya menjadi pelaksana utama program Tali Integritas yang digagas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melalui Pusat Edukasi Anti Korupsi (ACLC KPK) dan Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM).

Endang menjelaskan, Muda Berkarya sebagai komunitas penggiat literasi di Rejang Lebong (RL), dipilih, bukan tanpa dasar. Namun ada tahapan yang harus dilewati. “Kita bukan asal ditunjuk, tapi harus menulis esai yang berisi profil TBM, lembaga, atau komunitas. Selain itu, praktik penyelenggaran literasi kita yang telah memberikan dampak langsung dalam peningkatan kualitas pendidikan, serta minat baca masyarakat” jelas Endang. 

Ia menambahkan, 40 TBM, lembaga dan komunitas literasi yang dipilih, dikukuhkan oleh Ketua KPK dan mengikuti serangkaian kegiatan HAKORDIA di Hotel Bidakara, di Pancoran, Jakarta Selatan, tanggal 10- 13 Desember 2017. 
Sebelum dikukuhkan sebagai panglima Integritas, acara dimulai dengan peringatan HAKORDIA yang dibuka oleh Presiden Republik Indonesia (RI), Ir. Joko Widodo. 
Selanjutnya, kegiatan diikuti 40 panglima integritas seperti pelatihan penembangan TBM berbasis Integritas yang akan dikembangkan masing-masing panglima, di daerahnya di seluruh penjuru Indonesia. 
Ada juga temu pendidik anti korupsi dan studium general juga menjadi rangkaian kegiatan yang diikuti para panglima. Hingga akhirnya, tanggal 12 Desember 2017, seluruh Panglima Integritas, termasuk Endang Saputra, dikukuhkan oleh Wakil Ketua KPK, Thony Saut Situmorang.

Menurut pihak KPK melalui Divisi Pusat Edukasi Anti Korupsi para Panglima Integritas yang telah dikukuhkan, juga mendapatkan bekal yang cukup kuat untuk menanamkan nilai-nilai integritas kepada masyarakat untuk pencegahan tindak perilaku korupsi sejak dini. 
Para panglima juga akan mendapat bahan pustaka berupa buku-buku yang diterbitkan langsung oleh KPK, board games, film, serta bahan pendukung lainnya yang dapat mempermudah para panglima untuk beraksi menjalankan program Tali Integritas. 

Usai mengikuti rangkaian kegiatan HAKORDIA, dan ditutup oleh Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, Endang bersama seluruh panglima Integritas pulang ke daerah masing-masing dan siap menjalankan amanah. "Untuk Redaksi RPP dan seluruh masyarakat Kabupaten Rejang Lebong, ayo bergerak bersama Muda Berkarya, melawan Korupsi. Kita akan keliling ke sekolah, instansi, komunitas, dan lingkungan masyarakat, untuk mengimplementasikan program Tali Integritas. Namun, karena 
keterbatasan ruang dan waktu, bagi masyarakat yang ingin dikunjungi oleh Panglima Integritas bersama pasukannya, bisa menghubungi nomor 087801671435," pungkasnya. (red)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Muda Berkarya Melawan Korupsi..! Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai