Thursday, 7 December 2017

Dilanda Gempa, 233 Bangunan di Lebong Rusak


LEBONG RPP - Gempa yang terjadi pada Rabu (6/12) sekitar pukul 03.45 WIB di Kabupaten Lebong, menyebabkan kerusakan sejumlah bangunan, baik rumah warga maupun bangunan milik pemerintah seperti sekolah kantor camat dan kantor polisi.

Gempa berkekuatan 5.1 Scala Richter dengan pusat gempa di wilayah Kecamatan Pelabai atau sekitar 6 Km Barat Daya Lebong kedalaman 10 Km menyebabkan 233 unit bangunan mengalami kerusakan. Beruntung kejadian tersebut tidak menimbulkan korban meninggal dunia.

Dampak terparah akibat gempa terjadi di wilayah Kecamatan Lebong Atas dan Lebong Utara. Berdasarkan data yang dirilis Polsek Lebong Atas, dari 14 desa di 2 kecamatan tersebut hanya Desa Suka Datang yang tidak terjadi kerusakan, sedangkan 13 desa lainya seluruhnya terdampak. "Pasca gempa, personel Polsek Lebong Atas langsung turun ke desa-desa untuk memantau kejadian dan memastikan apakah ada korban jiwa atau tidak. Mujurnya sampai sekarang belum ada laporan korban jiwa, namun kerusakan yang terjadi cukup banyak, terutama rumah-rumah warga yang rusak ringan, sedang, maupun rusak berat," kata Kapolres Lebong AKBP Andree Ghama Putra SH SIK melalui Kapolsek Lebong Atas Ipda Kuat Santosa SH.

Total kerusakan yang terjadi akibat gempa di Kecamatan Lebong Atas dan Pelabai yakni 233 bangunan, 119 di antaranya rusak ringan, 72 unit bangunan rusak berat, dan 42 unit rumah rusak berat. Dari bangunan yang rusak ini 12 di antaranya merupakan bangunan Sekolah Dasar, 4 unit Sekolah Menengah Pertama, 1 unit SMA, masjid agung, kantor camat dan Polsek Lebong Atas.

Ditambahkan Kapolsek, sampai hari ini (kemarin, red) personel Polsek Lebong Atas masih melakukan pemantauan ke seluruh desa di wilayah kerjanya. "Bhabinkamtibmas kita masih berada di desa-desa binaan masing-masing untuk melakukan pemantauan sekaligus melakukan pendataan lebih riil terhadap kerusakan yang terjadi maupun menerima laporan dari warga," pungkas Kapolsek. (red)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Dilanda Gempa, 233 Bangunan di Lebong Rusak Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai