Friday, 1 December 2017

Bawaslu Dampingi KPU Wujudkan Pemilu Berintegritas

Komisioner Bawaslu Provinsi Bengkulu Fatima Harahap menyampaikan materi dalam Rakor Stakeholder yang diselenggarakan Panwaslu Rejang Lebong, Kamis (30/11)
CURUP RPP - Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Bengkulu, Fatimah Harahap, M.Pd.I mengatakan, sebentar lagi Panwaslu tingkat kabupaten/kota akan menjadi Bawaslu kabupaten/kota. Sehingga masa tugas mereka tidak lagi addhock, sehingga bisa mendampingi Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk mewujudkan Pemilu serentak 2019 yang berintegritas.

"Sekarang Bawaslu sudah lebih kuat karena tidak lagi addhock. Kemudian ada beberapa provinsi yang memiliki anggota Bawaslu sampai 7 orang, itu tergantung dengan jumlah penduduk dan luasan wilayahnya. Kalau untuk Bengkulu, Bawaslu Provinsi Bengkulu 5 orang dan Panwaslu RL yang nanti menjadi Bawaslu RL sebanyak 3 orang, sedangkan untuk kecamatan tetap 3 orang seperti pemilu sebelumnya," ujar Fatimah saat rapat koordinasi stakeholder yang diselenggarakan oleh Panwaslu Kabupaten RL, Kamis (30/11) di Aula Hotel Syakila Syariah. 

Ia juga menjelaskan bahawa seluruh masyarakat harus berperan aktif dalam memberantas pelanggaran-pelanggaran dalam pemilu serentak 2019. "Jika ada masyarakat yang melihat pelanggaran silakan laporkan ke Panwas, baik itu di tingkat desa/kelurahan, kecamatan, kabupaten atau ke Bawaslu Provinsi Bengkulu. Jadi, jangan melapor ke KPU, PPK, PPS atau KPPS. Ranahnya pelanggaran itu Panwaslu, nanti akan kita lakukan pengkajian dan penelitian terhadap dugaan pelanggaran tersebut, tentunya dengan melibatkan Gakkumdu yang terdiri dari Polres, Kejaksaan dan Pengadilan Negeri," tegasnya.

Kasdim 0409 RL Mayor Arh. Zaini Nurdin yang hadir mewakili Dandim 0409/RL Letkol. Kav, Budi Wirman, S.Sos dalam paparannya mengatakan bahwa mereka siap memberikan pengamanan penyelenggaraan pemilu dan Pilkada sesuai dengan tugas dan fungsi TNI kepada Polri. Netral dengan tidak memihak kepada pihak manapun dan tidak memberikan dukunga  kepada kandidat calon. Kemudian,satuan/perorangan fasilitas TNI tidak dilibatkan pada rangkaian kegiatan Pemilu. "Prajurit TNI tidak menggunakan hak pilih, dan kesiapan TNI dalam Pemilu 2019 adalah membuat posko induk pemantauan situasi Pemilu 2019. Lalu membuat posko cabang pemantauan situasi pemilu 2019 di koramil jajaran Kodim 0409/RL di wilayah masing-masing. Bantuan pengamanan bagi pelaksanaan pemilu dengan menyiapkan 150 personil PHH yang siap di gerakkan," kata Kasdim. (red)

  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Bawaslu Dampingi KPU Wujudkan Pemilu Berintegritas Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai