Monday, 18 December 2017

500 Atlet Jajal "Bukit Kaba 10K"



SINDANG KELINGI RPP - Lomba lari jarak jauh bertema "Bukit Kaba 10K" yang diselenggarakan CV Memey bekerjasama dengan SMPN 16 Rejang Lebong (RL), sukses digelar, Minggu (17/12). Tercatat, sebanyak 500 pelari tingkat pelajar SMP/ MTs dari berbagai kabupaten di Provinsi Bengkulu ambil bagian pada event yang menampilkan rute melintasi alam pedesaan tersebut.

Selain pelajar, lomba yang jarang sekali dilaksanakan itu juga diikuti oleh sekitar 100 siswa SPN Bukit Kaba, 10 prajurit Yonif 144/ Jaya Yudha, serta puluhan atlet dari komunitas pecinta olahraga lari Provinsi Bengkulu sebagai penggembira. "Kehadiran siswa SPN, TNI, dan komunitas pelari ini sifatnya hanya memeriahkan, bukan peserta lomba," terang ketua panitia pelaksana, Irwan Syarif. 

Kepala SMPN 16 RL ini juga menerangkan, dalam lomba tersebut, peserta memperebutkan medali, piagam, dan uang pembinaan dengan total Rp 12 juta persembahan CV Memey. "Selain itu, seluruh peserta juga berkesempatan sama mendapat puluhan doorprize persembahan tokoh masyarakat, para pejabat organisasi perangkat daerah, komunitas wirausaha, Dharma Wanita Persatuan, dan lain-lain," ujar Irwan Syarif.



Penanggung jawab lomba, Fauzi, menyebut jika lomba dalam rangka perayaan Hari Guru Nasional (HGN) 2017, hanya melibatkan pelajar SMP sederajat. Mengingat secara fisik, pelajar SMP sederajat dinilai mampu melakukan olahraga lari dengan jarak 10 kilometer. "Lomba ini bisa dikatakan sebagai bentuk dukungan kita terhadap visi misi pemerintah daerah di bidang pariwisata. Maka kita sengaja mengambil finish di objek wisata Danau Mas Harun Bastari (DMHB). Jadi, begitu usai lomba, peserta dapat langsung menghilangkan lelah sembari menikmati pemandangan Danau Mas," papar Fauzi.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) RL, T. Samuji, S.Pd, dalam sambutan sekaligus membuka lomba lari, menyatakan, sangat mengapresiasi inisiatif dan gagasan yang dimunculkan pihak SMPN 16 RL. 

Kegiatan keolahragaan ini, kata Samuji, ke depan hendaknya dapat dilaksanakan oleh SMP Negeri atau lembaga-lembaga pendidikan di wilayah perkotaan. "Saya sangat apresiasi dan salut dengan inisiatif pihak sekolah, yang berani pasang badan menyelenggarakan kegiatan bertaraf provinsi ini. Menariknya, pendanaan kegiatan murni dari swadaya pihak sekolah yang bekerjasama dengan CV Memey, usaha menengah yang bergerak di bidang jual beli ayam. Seandainya ada 10 orang pengusaha seperti Direktur CV Memey ini, saya sangat yakin olahraga di kabupaten kita ini akan semakin maju," kata Samuji.

Pantauan RPP di lapangan, kegiatan yang mengambil start di SMPN 16 RL di kaki Bukit Kaba Desa Sindang Jati Kecamatan Sindang Kelingi itu, juga mendapat pengawalan dan pengamanan dari Polres RL dan jajaran Polsek Sindang Kelingi. Hadir Kabag Ops Polres RL, Kompol Pirdaus FN, Kapolsek Sindang Kelingi Iptu Suandi, pejabat SPN Bukit Kaba Kompol Rusdi didampingi sejumlah instrukturnya. (red)

Pemenang Putra: 
Juara I: Rahmat, pelajar SMPN 4 RL, waktu tempuh 57:54
Juara II: Marzuki, pelajar SMPN 21 RL, waktu tempuh  59:09
Juara III: Ilham, pelajar MTs Kepahiang, waktu tempuh 1:00:2

Pemenang Putri:
Juara I: Vesti Merinda, pelajar MIN 04 Kepahiang, waktu tempuh 1:04:33
Juara II: Indri Ismiati, pelajar MIN 04 Kepahiang, waktu tempuh 1:07:21
Juara III: Anisa Wakyuni, MTs Kepahiang, waktu tempuh 1:10:05
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: 500 Atlet Jajal "Bukit Kaba 10K" Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai