Tuesday, 5 December 2017

2018, DAK Fisik Lebong Menurun


TUBEI RPP - Tahun 2018 mendatang, Pemkab Lebong menerima Dana Alokasi Khusus (DAK) yang diperuntukkan untuk pembangunan infrastruktur sebesar Rp 49,4 miliar. 

Kabid Anggaran BKD Lebong, Riswan Efendi MM mengungkapkan, DAK fisik yang didapat itu tersebar untuk beberapa OPD. Di antaranya, untuk Dinas PUPRP memperoleh DAK fisik Rp 24,6 miliar. Dana tersebut terbagi DAK infrastruktur jalan Rp 18,6 miliar, DAK irigasi Rp 4,9 miliar, DAK pembangunan infrastruktur air minum Rp 1,1 miliar. 

Kemudian Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) memperoleh DAK sebesar Rp 6,9 miliar. Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) mendapatkan Rp 1,2 miliar dan Dinas Pertanian dan Perikanan (Disnakan) memperoleh Rp 4,1 miliar. “Kegiatan yang dilaksanakan melalui DAK fisik tahun 2018 ini diatur oleh masing-masing OPD sesuai dengan apa yang diajukan ke Kementerian masing masing,” ujar Riswan.

Ditambahkan Riswan, DAK yang diterima tahun 2018 mendatang diakuinya menurun jika dibandingkan DAK yang diperoleh pada tahun 2017 ini. Untuk tahun 2017, DAK fisik yang diterima yaitu sebesar Rp 67 miliar. Secara garis besar DAK yang diterima kabupaten/kota seluruh Indonesia memang mengalami penurunan. Ini karena penerimaan negara yang tidak mencapai target. "Kalau kita lihat Tren DAK yang diterima Kabupaten Lebong selam 3 tahun belakangan ini setiap tahunya mengalami penurunan. Ini sebenarnya tidak saja terjadi di kita, namun semua daerah juga mengalaminya. Meski demikian kita berharap dengan anggaran yang ada ini, pembangunan yang kita laksanakan dapat berjalan dengan baik dan biasanya di pertengahan tahun pemerintah pusat kembali akan melakukan penambahan DAK ke setiap daerah. Mudah-mudahan hal ini juga terjadi di tahun 2018," pungkas Riswan. (red)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: 2018, DAK Fisik Lebong Menurun Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai