Wednesday, 29 November 2017

Kepergok Maling Kayu Manis

PETUGAS Piket Unit Reskrim Polsek Bermani Ulu menggiring tersanka pencurian ke Sel Tahanan Polres Rejang Lebong.
BERMANI ULU RPP – Lantaran kepergok mencuri kayu manis di kebun milik Pardin (47), warga Desa Air Pikat Kecamatan Bermani Ulu (BU), Da (18), warga Desa Sentral Baru Kecamatan BU, mendekam di sel setelah diamankan jajaran Polsek BU, Senin (27/11) sekira pukul 10.00 WIB. Sebelumnya, Da sempat dihakimi massa.

Kapolsek BU, Iptu Apion Sori, SH, membenarkan adanya penangkapan tersebut. Setelah pihaknya mendapat informasi warga jika telah mengamankan seorang pencuri. Guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, pihaknya langsung mendatangi lokasi.

Setibanya di lokasi warga sudah mengerumuni Da. Lalu pihaknya langsung membawa pelaku guna pemeriksaan lebih lanjut berikut mengamankan barang bukti berupa kulit manis yang diambil. Dari pemeriksaaan terhadap tersangka Da, diketahui jika tersangka Da mencuri lantaran kepepet dan ingin mendapatkan uang dengan cara mudah. Tersangka kemudian berjalan kaki dari desa sentral baru ke areal kebun di desa air pikat.

Melihat ada kayu manis, timbul keinginan untuk mencuri. Sebelumnya, Da sudah membawa karung. Setelah itu, Da melihat di sekitar lokasi dan ternyata, sepi. Ia pun langsung menguliti kayu manis dan memasukkannya ke dalam karung. 

Saat asyik menguliti kayu manis, tanpa diketahui tersangka Da, pemilik kebun, Pardin memergoki aksi pencurian tersebut. Pardinpun mengendap-endap kemudian memberitahu tetangga kebunnya dan bersama-sama memergoki tersangka Da.

Tersangka Da tak bisa berkilah lantaran sudah ada barang buktinya. Kemudian tersangka digiring ke desa. Di perjalanan, warga yang kesal sempat menghadiahi bogem mentah. Pasalnya warga mengaku mereka kerap mengalami pencurian di kebun, baik kopi maupun hasil pertanian lainnya. "Sekitar setengah jam tersangka Da sudah mampu menguliti kayu manis sekitar 10 kilogram, yang ditaksir  seharga Rp 60.000 yang diletakkan di dalam karung. Atas perbuatannya, tersangka kita jerat Pasal 363 KUHP dengan ancaman lima tahun penjara," tutup Apion Sori. (red)

  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Kepergok Maling Kayu Manis Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai