Wednesday, 29 November 2017

Dinkes RL Launching Kader Kesehatan

Warga memanfaatkan program pelayanan berobat gratis dan donor darah di acara launching Kader Kesehatan yang digagas Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong.

KOTA PADANG RPP - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Rejang Lebong (RL), Samsir SKM mengatakan, dalam rangka menyambut dan memeriahkan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 53 tahun 2017, Dinkes (RL telah melaksanakan sejumlah kegiatan. Di antaranya, mengikuti lomba HKN tingkat Provinsi Bengkulu pada 3-5 November 2017. Kemudian mengikuti pameran kesehatan tingkat Provinsi Bengkulu pada 12 November 2017, dan launching kader kesehatan yang dilaksanakan pada Selasa (28/11) kemarin. 


Dan rencananya, pada Rabu (29/11) hari ini, akan dilaksanakan upacara HKN di Lapangan Setia Negara, dilanjutkan dengan ramah tamah/penutupan HKN yang akan dilaksanakan pada 30 November di BLKM Curup. "Pada HKN ke 53 ini, tema nasional yang diangkat adalah Keluarga Sehat Indonesia Kuat. Tema tersebut hareus dimaknai secara luas, seiring dengan pelaksanaan program Indonesia Sehat melalui pendekatan keluarga dan mendorong kerjasama lintas sektor kementerian dan lembaga melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas," kata Samsir dalam sambutannya di acara lauching kader kesehatan yang dipusatkan di Kecamatan Kota Padang, Selasa (28/11), kemarin.

Gerakan ini, kata dia, merupakan sebuah gerakan mendorong masyarakat untuk berperilaku hidup sehat, yang pada akhirnya dapat membentuk bangsa Indonesia yang kuat. "Tentu saja gerakan ini tidak hanya melibatkan lintas program, tetapi juga lintas sektor terkait," kata Samsir.

Sementara Bupati RL, DR HA Hijazi SH M.Si pada kesempatan tersebut menyatakan mengapresiasi tinggi program dan kegiatan yang dilaksanakan Dinkes RL. Diharapkan, program Germas yang dicanangkan secara nasional ini dapat berjalan dengan baik, terutama di Kabupaten RL. "Kita berharap, kader kesehatan yang dibentuk hari ini (kemarin, red), tak hanya menjadi penyambung lidah bagi petugas kesehatan dalam menyampaikan informasi-informasi kesehatan kepada masyarakat secara luas, tetapi hendaknya dapat menjadi semacam role model, atau contoh bagi masyarakat sekitarnya dalam menerapkan pola hidup sehat. Sehingga masyarakat dapat melihat dan merasakan langsung dampak dari perilaku hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari," harap bupati.

Sekedar diketahui, selain Bupati dan Ketua TP PKK Kabupaten RL, pada pelaksanaan kegiatan launching kader kesehatan tersebut juga hadir sejumlah pejabat RL dan undangan kehormatan lainnya. Di antaranya perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu, Kepala BPOM Provinsi Bengkulu, Perwakilan PN Curup, Danramil dan Kapolsek Kota Padang, para camat se Kabupaten RL, serta para kades se Kecamatan Kota Padang dan Sindang Beliti Ilir. (red)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Dinkes RL Launching Kader Kesehatan Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai