Thursday, 24 August 2017

Tunggakan Peserta BPJS Kesehatan Rp 14 M

 
BENY RPP - Pertemuan Media Gathering BPJS Kesehatan Kantor Cabang Curup bersama Pers di Kabupaten Rejang Lebong
CURUP RPP - Tunggakan iuran peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Curup yang mencakup kepesertaan di Kabupaten Rejang Lebong (RL), Lebong, Kepahiang dan Bengkulu Utara (BU), hingga 30 Juni 2017 sudah mencapai Rp 14 miliar. Padahal kebutuhan jaminan kesehatan ini dibutuhkan sepanjang waktu oleh peserta.

Kepala Cabang BPJS Kesehatan Curup, Syafrudin Imam Negara, menyampaikan, sangat menyayangkan tunggakan iuran yang masih banyak tersebut. Padahal masyarakat tidak selalu sehat. Ada kalanya, sakit, dan jaminan kesehatan di BPJS diperlukan saat sakit tersebut. "Kala sehat, iuran yang kita bayarkan akan menolong kepada yang sakit. Begitu juga sebaliknya," kata Imam pada saat Media Gathering, Rabu (24/8).


Ia menambahkan, jumlah tunggakan iuran BPJS berasal dari peserta mandiri yang tersebar dalam empat kabupaten wilayah kerja BPJS Kesehatan Curup tersebut. Sedangkan peserta penerima bantuan iuran atau PBI, baik dari APBN maupun APBD, tidak ada yang menunggak. "Peserta menunggak mencapai 43.000 jiwa atau 69,9 persen dari total peserta BPJS Kesehatan mandiri, yang berkisar 62.000 jiwa. Sedangkan total peserta sampai sementer 1 tahun ini, sebanyak 497.968 jiwa," lanjutnya.


Tunggakan peserta BPJS Kesehatan mandiri yang terbanyak berada di Kabupaten BU dengan tunggakan lebih dari Rp 3 miliar. Kemudian RL Rp 1,9 miliar, Lebong Rp 1 miliar dan  Kepahiang berkisar Rp 1,7 miliar.


Kepala Bidang SDM, Umum dan Komunikasi Publik, Marta Kusuma, menambahkan, bagi peserta yang terlambat membayar iuran satu bulan sejak tanggal 10, maka kepesertaan dihentikan sementara. Dalam waktu 45 hari sejak status kepesertaan aktif kembali, peserta wajib membayarkan denda kepada BPJS setiap pelayanan kesehatan rawat inap yang didapatnya. "Denda sebesar 2,5 persen dari biaya pelayanan setiap bulan tertunggak. Ketentuannya, jumlah bulan tertunggak maksimal 12 bulan dan besar denda paling tinggi yakni Rp 30 juta. Hal ini berdasarkan Perpres nomor 9 tahun 2016," tambahnya. (ben)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Tunggakan Peserta BPJS Kesehatan Rp 14 M Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai