Friday, 25 August 2017

PGE Selesaikan Pengeboran Sumur Kedua

PROSES pengeboran sumur kedua PGE di kawasan Bukit Daun, Perbatasan Rejang Lebong dan Lebong. Foto : Buyono, Radar Pat Petulai

BERMANI ULU RAYA RPP - Perseoran Terbatas Pertamina Geothermal Energy (PT. PGE) akhirnya menyelesaikan pengeboran sumur kedua mereka yakni sumur BDN-B/1 di kawasan Bukit Daun, perbatasan antara Kabupaten Rejang Lebong (RL) dan Lebong. Menurut Bagian Humas PT. PGE Bukit Daun, Arif Salimin, pengeboran sumur kedua ini telah dimulai sejak 31 Maret 2017 lalu dan selesai dengan kedalaman 3.000 meter.

Saat ini, menurutnya PGE Bukit Daun sedang melakukan tahapan uji produksi, atau pengujian potensi cadangan di sumur tersebut. Sedangkan sumur BDN-A/1 yang sudah selesai pengeborannya beberapa bulan lalu, menurut Arif juga sudah diuji potensi cadangannya. Sumur tersebut memiliki cadangan terbukti sekitar 5 sampai dengan 7 Megawatt (Mw). Angka ini masih mungkin bertambah mengingat proses "heating-up" sumur tersebut belum selesai.

"Alhamdulillah, pengeboran sumur kedua ini sudah selesai dan sekarang kita sedang melakukan uji produksi. Kami meminta doa dan dukungan dari masyarakat RL supaya proses ini berjalan dengan baik dan sumur kedua ini memiliki potensi energi panas bumi yang lebih besar," ungkap Arif.

Lebih lanjut, pria asal Palembang ini memaparkan, prospek panas bumi Bukit Daun seluas 17 km persegi. Dimana proyek ini merupakan pengembangan dari Wilayah Kerja Pengusahaan (WKP) Hululais, yang ada di Kabupaten Lebong. Lokasi proyek Bukit Daun sendiri berada di dua kabupaten, yakni Kabupaten Rejang Lebong dan Lebong.

Sejauh ini, PGE sudah membangun akses jalan menuju lokasi pengeboran dari jalan lintas Curup - Lebong sepanjang 21 Kilometer (Km). Dimana sekitar 10 km pertama dari jalan tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat karena sangat mendukung kegiatan ekonomi mereka, seperti menjual hasil panen ataupun mengangkut sarana produksi pertanian.

"Manfaatnya terhadap kehidupan ekonomi masyarakat bisa kita lihat sendiri. Selain mereka terbantu dengan adanya jalan baru yang kita buka. Masyarakat sekitar juga banyak yang membuka warung, perekonomian mereka menjadi terbantu," tukasnya.

Beberapa waktu lalu, PGE Bukit Daun juga sudah melaksanakan kegiatan corporate social responsibility (CSR), antara lain, membantu peralatan belajar, seperti tas sekolah, buku-buku, dan alat tulis kepada murid-murid sekolah di Rejang Lebong maupun Lebong. Hingga sekarang, PGE telah mengucurkan dana CSR sebesar kurang lebih Rp.200 juta. (yon)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: PGE Selesaikan Pengeboran Sumur Kedua Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai