Friday, 25 August 2017

Pemerintah dan Muhammadiyah Kompak Idul Adha 1 September

Peneropongan Hilal penentuan 1 Ramadhan beberapa waktu lalu

BENGKULU RPP - Hari Raya Idul Adha 10 Zulhijah 1438 Hijriah, dipastikan serentak hari Jumat, 1 September 2017. 

"Kita sudah rapat dua hari yang lalu. Telah kita laksanakan rukyatul hilal atau melihat bulan, dan jatuh tanggal 1 September 2017 berdasarkan keputusan Menteri Agama," ujar Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Bengkulu, Drs. Bustasar, MS, Kamis (24/8).
Ia menambahkan, ada beberapa provinsi melihat hilal itu 7 derajat. Itu sudah bisa melaksanakan Hari Raya Idul Adha dan secara resmi juga sudah diumumkan. "Kami berharap umat Islam bisa melaksanakannya dengan baik," harapnya.

Sedangkan terkait dengan kondisi para jemaah calon haji, saat ini sedang berkonsentrasi di Mekkah dan bersiap melaksanakan wukuf di Arafah, pada tanggal 30 Agustus mendatang. "Haji sekarang adalah haji akbar, karena bertepatan dengan hari Jumat. Haji tahun ini dihadiri  banyak manusia, jumlahnya di atas 8 jutaan, dalam kondisi terbatas area wukuf di Arafah," tambah Bustasar.

Sedangkan kaitannya dengan ibadah kurban, bagi umat Islam yang belum mampu berhaji, maka sebaiknya berkurban. Jika tidak mampu berkurban, maka bisa bersedekah saja, sudah cukup. (rsi)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Pemerintah dan Muhammadiyah Kompak Idul Adha 1 September Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai