Friday, 25 August 2017

Ini Persyaratan Parpol untuk Jadi Peserta Pemilu

Ilustrasi
CURUP RPP - Berdasarkan Undang-undang (UU) nomor 7 tahun 2017 pasal 173 ayat 3, disebutkan bahwa partai politik (parpol) yang telah lulus verifikasi dengan syarat sebagaimana dimaksud, tidak diverifikasi ulang dan ditetapkan sebagai parpol peserta pemilu.

Menurut Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rejang Lebong (RL), Mansuruddin, SE, mengacu pada UU tersebut, parpol dapat menjadi peserta pemilu setelah memenuhi beberapa persyaratan. Yaitu, berstatus badan hukum sesuai UU tentang Parpol, memiliki kepengurusan di seluruh provinsi, memiliki kepengurusan di 75 % jumlah kabupaten/ kota di provinsi yang bersangkutan.

Selanjutnya, memiliki kepengurusan di 50 % jumlah kecamatan di kabupaten/ kota yang bersangkutan, menyertakan paling sedikit 30 % keterwakilan perempuan pada kepengurusan partai politik tingkat pusat.
Kemudian memiliki anggota sekurang-kurangnya 1.000 orang atau 1/1.000 dari jumlah penduduk pada kepengurusan parpol yang dibuktikan  dengan kepemilikan kartu tanda anggota. Lalu, mempunyai kantor tetap untuk kepengurusan pada tingkatan pusat, provinsi, dan kabupaten/ kota sampai tahapan terakhir pemilu. Mengajukan nama, lambang, dan tanda gambar parpol kepada KPU dan menyertakan nomor rekening dana kampanye pemilu atas nama parpol, kepada KPU.

"Jadi parpol dapat menjadi peserta pemilu, dengan mengajukan pendaftaran untuk menjadi calon peserta pemilu, kepada KPU, dengan surat yang ditandatangani oleh ketua umum dan sekretaris jenderal, atau nama lain pada kepengurusan pusat parpol. Selain itu, disertai dokumen persyaratan yang lengkap," papar Mansur.
Sedangkan pada pasal 176 ayat 4 Undang-undang Pemilu, jadwal waktu pendaftaran Parpol peserta Pemilu ditetapkan KPU, paling lambat 18 bulan sebelum hari pemungutan suara. Sedangkan penetapan Parpol sebagai Peserta Pemilu, dilakukan dalam sidang pleno KPU paling lambat 14 bulan sebelum hari pemungutan suara. Sementara penetapan nomor urut partai politik sebagai peserta pemilu dilakukan secara undi dalam sidang pleno KPU yang terbuka dengan dihadiri wakil Partai Politik Peserta Pemilu.

Mengenai kapan KPU RL akan melakukan verifikasi terhadap parpol calon peserta pemilu, baru akan dilaksanakan setelah terbit Peraturan KPU (PKPU) yang mengatur tentang tahapan pemilu. 

"Kita tunggu PKPU yang mengatur tentang tahapan Pileg dan Pilpres dulu. Karena semua tahapan akan diatur dalam PKPU tersebut. Kalau dilihat dari aturan undang-undang itu, kemungkinan dalam waktu dekat PKPU-nya segera keluar," tandasnya. (yon)

  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Ini Persyaratan Parpol untuk Jadi Peserta Pemilu Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai