Wednesday, 23 August 2017

BPJS Cegah 3.236 Jiwa Jadi Miskin



CURUP RPP - Hadirnya program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di BPJS Kesehatan, khususnya di Kantor Cabang Curup, telah berdampak pada perekonomian di empat Kabupaten. Yakni Kabupaten Rejang Lebong (RL), Lebong, Kepahiang dan Bengkulu utara, (BU). Secara tidak langsung, 3.236 jiwa diselamatkan dengan biaya yang mesti mereka keluarkan dalam memperoleh kesembuhan. Selain itu, mencegah terjadinya kemiskinan 3.236 jiwa tersebut.


Dipaparkan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Curup, Syafrudin Imam Negara,  jika dihitung dengan biaya berobat, sudah dikelurkan hingga puluhan miliar untuk biaya berobat 3.236 jiwa. "Sebanyak 3.236 jiwa ini merupakan peserta BPJS yang sakit dari tahun 2014-2016 dan telah berobat di pelayanan kesehatan. Lalu 82,20 persen di antaranya, merupakan peserta yang sakit jantung, yang memerlukan biaya operasi hingga Rp 150 juta per jiwa," papar Syafrudin, saat Public Expose Capaian Program JKN_KIS dan Dampaknya terhadap Perekonomian di Kantor BPJS Cabang Curup, Selasa (22/8).


Dampak kehadiran BPJS Kesehatan terhadap ekonomi masyarakat, ke depan diharapkan peran pemerintah daerah juga makin dioptimalkan. Sehingga derajat kesehatan masyarakat semakin meningkat. Lalu bersama-sama memperkuat regulasi terkait kepatuhan pengusaha dan masyarakat dalam kepesertaan JKN-KIS, serta cakupan kepesertaan yang makin luas. Sehingga dapat terwujud Universal Health Coverage atau cakupan semesta tahun 2019.
Pencapaian Program JKN-KIS untuk BPJS Kesehatan Kantor Cabang Curup, juga terus meningkat. Jumlah peserta BPJS Kesehatan Cabang Curup per 1 Agustus 2017 mencapai 497.968 jiwa. Termasuk di dalamnya peserta program Jamkesda, RL 16.467 jiwa, Kepahiang 8.280 jiwa, Lebong 16.260 jiwa dan BU 1.861 jiwa.


Selain itu, dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan serta mempercepat cakupan kepesertaan berbagai inovasi dan terobosan memenuhi target, salah satunya mempermudah dan memperluas jaringan dalam hal pendaftaran peserta. Masyarakat bisa mendaftar di Kantor Cabang Curup, Kantor Layanan Operasional Kabupaten atau Kota, Website, dan Bank mitra yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.


"Kini pendaftaran dapat juga dilakukan melalui BPJS Kesehatan Care Center 1500-400. BPJS Kesehatan juga mengembangkan pendaftaran melalui sistem dropbox di Kantor Cabang BPJS Kesehatan, kantor lurah dan kantor camat. Pendaftaran melalui PPOB atau mitra kerja BPJS Kesehatan, melalui Kader JKN serta pendaftaran melalui aplikasi Mobile JKN. Pendaftaran melalui mitra kerja juga tengah dikembangkan dengan membuka point of service di pusat perbelanjaan," tutupnya. (ben)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: BPJS Cegah 3.236 Jiwa Jadi Miskin Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai