Friday, 25 August 2017

Angka Kemiskinan RL Turun 3 Persen

BUPATI RL menyambut kedatangan Mensos Khofifah Indar Parawansa di RL beberapa waktu lalu

CURUP RPP - Bupati Rejang Lebong (RL), DR. H. Ahmad Hijazi, SH, M.Si, mengatakan, angka kemiskinan di Kabupaten RL, sempat mendapatkan rapor merah dari Kementerian Sosial Republik Indonesia (RI). Karena, pada saat pertemuan dengan Menteri Sosial (Mensos) RI, Khofifah Indar Parawansa beberapa waktu lalu di Bengkulu, lebih dari 21 persen masyarakat RL tergolong miskin. Hal ini tentu membuatnya heran, dan berusaha meminta data yang valid ke Badan Pusat Statistik (BPS).

"Kita sempat mendapatkan rapor merah saat ada pertemuan dengan Mensos, karena berdasarkan data mereka, ada 21 koma sekian persen adalah masyarakat miskin. Memang benar, itu merupakan data di bawah tahun 2016. Tetapi setelah dicek lagi, tahun 2016 sampai sekarang sudah berubah. Sekarang tinggal 17,8 persen saja. Artinya jumlah penduduk miskin di RL berkurang 3 persen lebih," ujar bupati.

Oleh karena itu, bupati meminta kepada pihak terkait, termasuk unsur pemerintahan di tingkat bawah, mencarikan data yang valid. Sehingga dalam pendataan seperti ini, tidak sampai terjadi kesalahan. Apalagi menurutnya, banyak masyarakat terkadang yang sudah mampu atau kaya, namun masih suka mengaku miskin. Meskipun memiliki harta yang cukup namun masih suka meminta jatah rastra.

"Jangan sampai ada lagi orang kaya minta jadi orang miskin. Ke depan, harus kita tekan terus hingga sampai minimal sesuai standar nasional yakni 10.5 persen. Apalagi sekarang pelayanan kepada masyarakat seperti penyaluran bantuan langsung non tunai yang dulu dalam bentuk rastra, sekarang tidak lagi. Tapi menggunakan kartu dan itu secara online. Nanti teknisnya itu akan dilakukan bimtek," tandasnya. (yon)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Angka Kemiskinan RL Turun 3 Persen Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai