Friday, 14 July 2017

Yang Sering Buang Sampah Sembarangan, Baca Ini...

Foto: Bambang Radar Pat Petulai.
MERIGI RPP - Mungkin karena banyak orang yang membuang sampah tidak pada tempatnya, warga Kelurahan Durian Depun Kecamatan Merigi berinisiatif memasang spanduk bertuliskan sumpah serapah. Isinya: "Yang Buang Sampah Tidak Dimasukkan ke Dalam Bak, SEMOGA MISKIN TERUS SEUMUR HIDUP". Spanduk berukuran sekitar 150 Cm dengan lebar 60 CM itu dipasang tepat di atas bak sampah yang dibangun warga secara swadaya di samping Pos Polisi Durian Depun.

Ice Mariati Wijaya, salah seorang warga yang peduli terhadap kebersihan lingkungan mengungkapkan, selama di lokasi itu tidak ada bak sampah. Sementara warga sekitar sering membuang sampah rumah tangga di lokasi itu. Karena itu, ia berinisiatif membuat bak sampah menggunakan uang pribadi dengan mengupah tukang untuk membuatnya.

Sekarang, meski bak sampah sudah ada, namun permasalahan sampah masih saja terjadi. Oknum-oknum warga masih saja membuang sampah tidak di dalam bak yang disiapkan. Akibatnya, sampah berserakan dan menimbulkan aroma tak sedap. Tak hanya itu, sampah-sampah yang tidak dimasukkan ke dalam bak itu sering dibawa anjing-anjing liar hingga ke halaman rumah-rumah warga.

Lantaran kesal terhadap warga yang terkesan tak peduli kebersihan lingkungan tersebut, ia kemudian membuat spanduk yang isinya berupa sumpah serapah, dengan harapan agar oknum-oknum pembuang sampah itu mengerti dan memasukkan sampah ke dalam bak. "Saya berkaca dari pengalaman saya di Kota Bengkulu, di sana tertulis spanduk dilarang buang sampah. Bahkan saking tegasnya, bagi yang membuang sampah sembarangan bakal dikenakan sanksi denda hingga Rp 5 juta, kabarnya itu bisa dikuatkan dengan peraturan daerah," ujar Ice Mariati.

Ditambahkannya, sudah selayaknya komitmen tersebut dicontoh oleh para pemangku kebijakan di Kabupaten Kepahiang, sehingga menjadi pengingat bagi oknum masyarakat yang suka membuang sampah sembarangan. "Kita harap Kabupaten Kepahiang juga memiliki aturan, bagi warga buang sampah sembarangan dikenakan sanksi denda yang besarannya bisa memberikan efek jera," harap Ice Mariati.

Terkait tulisan keras di spanduk yang terpasang di atas bak sampah dekat rumahnya, tambah Ice Mariati, jika masih juga dikangkangi, maka ia bersama warga setempat akan melaporkan oknum warga pembuang sampah sembarangan itu ke Pos Polisi Durian Depun. "Tapi kalau ada perbup atau perda, tentu oknum pembuang sampah itu dapat langsung ditindak sesuai sanksi dalam aturan yang dibuat pemerintah," pungkasnya. (wsa)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Yang Sering Buang Sampah Sembarangan, Baca Ini... Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai