Wednesday, 19 July 2017

WC RSUD Jadi Ladang Setoran


CURUP RPP – Hampir setiap sudut di RSUD Curup tampaknya dijadikan ladang setoran. Tak terkecuali WC. Hal ini tak pelak menuai keluhan dari keluarga pasien, salah satunya Wendri (35).

Kepada RPP kemarin ia mengaku kaget saat dimintai uang oleh penjaga WC. Ia tidak menyangka ternyata WC di kawasan RSUD itu WC umum. Untuk buang air kecil dikenakan biaya Rp 1.000/orang, buang air besar Rp 2.000/orang dan untuk mandi dan mencuci dikenakan tarif Rp 3.000/orang. "Kalau duitnya dak seberapa, tapikan ini fasilitas umum, di rumah sakit lagi. Masa masih dipungut juga," ketusnya.

Zailani (58), penjaga WC di samping kantin RSUD ditemui wartawan koran ini mengaku dirinya sudah 2 tahun ini menjaga WC sebanyak tiga pintu ini. Setiap bulannya ia wajib menyetor ke pihak RSUD sebesar Rp 2,5 juta.

Jika dalam sebulan uang yang berhasil dikumpulkan tak mencukupi senilai Rp 2,5 juta terpaksa ia sendiri yang haus menutupinya dengan uang pribadi. "Aku wajib minta bayaran saat orang buang air kecil atau air besar masuk WC, sebab aku juga punya kewajiban menyetor ke RSUD Curup," ujar Zailani.

Zailani menambahkan menjaga tempat WC ia lakukan untuk mengisi hari tua. Ia tak mengenal siapapun yang memakai WC ini, semuanya wajib bayar. Bahkan dirinya memasang tulisan masuk WC wajib bayar. Wajarlah jika dirinya mengambil pungutan, sebab dirinya setiap hari membersihkan WC dan mengisi air di bak tampungan. "Saya jaga mulai dari subuh hingga malam pukul 00.00 WIB," tuturnya.

Direktur RSUD drg. Asep Setia Budiman ketika disambangi diruang kerjanya kemarin pagi, belum bisa ditemui, meski wartawan koran ini sudah menunggu diruang tunggu selama satu jam lamanya. "Saya rapat internal dulu terkait hal itu ya,” kilahnya Asep ketika di hubungi via WA pribadinya.

Kabid Pelayanan RSUD, dr. Honney Rosa Nita dihubungi wartawan koran ini juga mengaku dari pengecekan yang dilakukan pihaknya, penjaga WC tersebut bukan pegawai RSUD Curup. "Bukan pegawai kita. Terkait setoran, saya kurang tahu persis sebab ada bagian lain yang mengurusinya. Kapasitas saya hanya sebatas pelayanan saja mbang. Untuk urusan duit bukan ranah saya," elak Honney. (wsa)

  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: WC RSUD Jadi Ladang Setoran Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai