Tuesday, 25 July 2017

Tokoh Masyarakat Bantah Bakso Bakar Penyebab Keracunan Massal

DIRAWAT: Kepala Puskesmas Bermani Ulu, Aandrah, S.Kep saat mengecek kondisi anak-anak korban keracunan.
BERMANI UlU RPP – Dugaan keracunan massal yang dialami 17 anak Desa Pagar Gunung Kecamatan Bermani Ulu akibat menyantap bakso bakar ditepis oleh tokoh masyarakat (tomas) setempat, Toni (40).
Alasannya, pada hari yang sama yakni Jum'at (21/7) siang, anaknya juga membeli bakso bakar di tempat yang sama dan menyantapnya hingga habis. Namun hingga sekarang anaknya baik-baik saja alias tidak mengalami keracunan. Tak hanya itu, Gibran, bocah berusia 14 bulan yang merupakan anak pedagang bakso bakar itu sendiri juga mengkonsumsi bakso bakar tersebut dan juga tidak mengalami keracunan.
Begitupula Pisan (6) dan Hani (5) juga tidak mengalami keracunan setelah mengkonsumsi bakso bakar tersebut.
"Jika memang penyebabnya bakso bakar itu, mungkin anak saya dan beberapa anak lainnya juga keracunan. Tapi ini buktinya tidak. Jadi kita belum bisa menyimpulkan apa-apa sebelum ada bukti kuat yang menerangkan jika jajanan bakso bakarlah yang menyebabkan 17 warga keracunan. Tak satupun yang mengetahuinya. Bisa saja 17 warga itu mengalami keracunan akibat dari jajanan lainnya," paparnya.
Toni menambahkan dirinya juga sudah menanyakan langsung kekepada si penjual bakso bakar. Pengakuan dari si penjual, bakso bakar yang dijualnya dibuat hari Kamis dan masih layak konsumsi. "Kini 17 warga yang sempat mendapatkan perawatan medis sudah pulang ke rumahnya masing-masing, sembari menunggu hasil uji sampel di laborarorium BPOM guna diteliti lebih lanjut hasilnya dan kandungan yang ada didalamnya," ucapnya.
Sementara itu, Kepala Puskesmas Bermani Ulu Aandrah, S.Kep ketika dihubungi melalui WA pribadinya mengatakan dirinya sudah menanyakan ke Dinas Kesehatan terkait hasil uji lab terhadap sampel makanan guna mengetahui apakah ada kandungan yang menyebabkan ke 17 warga Desa Pagar Gunung keracunan. Namun hasilnya belum keluar. "Ya kita tunggu saja hasil labnya seperti apa, saya menghimbau saja, kepada pedagang yang menjual jajanan untuk selalu waspada dan menjaga kebersihan makanan," singkatnya. (wsa)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Tokoh Masyarakat Bantah Bakso Bakar Penyebab Keracunan Massal Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai