Sunday, 2 July 2017

Sidak PPDB, Wabup Warning Pelaku Pungli

WABUB RL H Iqbal Bastari, S,Pd MM melakukan sidak proses PPDB di SMPN I Rejang Lebong. Foto : Dokumen Kepala SMPN I RL

CURUP RPP - Wakil Bupati (Wabup) Rejang Lebong (RL), H. Iqbal Bastari, S.Pd, MM melakukan inspeksi mendadak (sidak) Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMP Negeri 1 RL dan SMP Negeri 5 RL, Jumat (30/6), sepulang jogging yang rutin ia lakukan setiap hari libur. Untuk menuju dua sekolah di Jalan Basuki Rahmat itupun, wabup tidak dikawal dan tidak mengendarai mobil dinas (mobnas).
Setelah melakukan jogging di Lapangan Setia Negara dan pinggir jalan protokol, dari Pasar Tengah lantas Wabup bersama istrinya, Hj. Hermita Iqbal, naik sebuah angkutan kota (angkot) menuju SMP Negeri 1 RL. Sekitar 20 menit di sekolah itu, kemudian wabup dan istri jalan kaki menuju SMP Negeri 5 RL yang berjarak sekitar 500 meter, masih mengenakan pakaian olahraga lengkap dengan sepatu kets. 
"Saya datang ke sini untuk memastikan, PPDB tahun ini berjalan lancar dan tidak ada kecurangan di dalamnya. Saya ingin seleksi berjalan fair (adil) dan tidak ada pihak yang dirugikan. Memang nantinya bakal banyak yang terseleksi. Tetapi dengan tes secara terbuka seperti ini, tentu semuanya memiliki kesempatan sama untuk mendapatkan pendidikan berkualitas," uajr wabup.
Orang nomor dua di RL itu juga memberikan peringatan keras kepada pihak-pihak yang coba melakukan pungutan liar (pungli) dalam seleksi. Karena menurut wabup, pungli merupakan tindakan yang dilarang baik secara hukum pemerintah maupun hukum agama. Oleh karena itu, jika ada yang terbukti melakukan pungli atau suap menyuap, akan diberikan tindakan keras dari Pemkab RL.
"Bukan hanya dalam rangka PPDB, tapi semuanya yang memungkinkan adanya pungli dan suap menyuap. Kalau sampai terbukti secara meyakinkan, maka akan kami berikan tindakan tegas. Saya juga tidak menginginkan adanya pejabat yang titip menitip anaknya agar lulus dalam seleksi seperti ini. Semuanya punya kesempatan yang sama. Silakan bersaing secara sehat dan fair," tegasnya.
Selain wabup, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) RL, T. Samuji, S.Pd, juga datang ke dua sekolah tersebut, didampingi Sekretaris Dinas Dikbud RL, Drs. Noprianto, MM. Nopri memastikan, dalam PPDB kali ini tidak ada pungutan biaya apapun. "Semuanya gratis, tidak ada yang dipungut biaya. Jadi hari ini (kemarin, red), kita tes secara serentak untuk tingkat SMP," ujarnya. 
Di sisi lain, ratusan siswa  dari berbagai kecamatan di Kabupaten RL, mengikuti seleksi PPDB di sembilan SMP yang menggelar seleksi, Jumat (30/6) di sekolah masing-masing.
Misalnya saja SMP yang melaksanakan seleksi dan bekerjasama dengan UNIB yakni SMPN 1 RL dengan peserta tes 441 orang dan yang diterima 256 orang. SMPN 2 RL, peserta tes 444 orang, yang diterima 256 siawa, SMPN 4 RL peserta tes 289 orang diterima 281 orang, lalu SMPN 5 RL peserta tes 284 orang diterima 224 orang.
Selanjutnya, SMPN 12 RL peserta tes 143 orang yang diterima 160 orang dan masih  kurang siswanya, SMPN 13 RL peserta tes 267 orang diterima 256 orang, SMPN 9 RL peserta tes 101 orang dan yang harus diterima 128 orang, juga masih kekurangan siswa. 
Menurut Kepala Dinas Dikbud Kabupaten RL, T. Samuji, S.Pd melalui Sekretaris Dinas Dikbud RL, Drs. Noprianto, MM, seleksi dengqn cara tes merupakan kali pertama digelar oleh Dinas Dikbud. Tujuannya, agar penerimaan siswa bisa lebih objektif berdasarkan hasil tes tersebut. "Untuk seleksinya digelar di masing-masing sekolah, kita hanya memantau saja," tukasnya.
Selain itu, juga dilakukan pemantauan, untuk memastikan sekolah juga menerima siswa tidak lebih dari jumlah kelas yang ada di sekolah tersebut. Dalam satu ruang kelas, maksimal jumlah siswa sebanyak 32 orang.  "Kalau lebih dari itu, sama saja mereka tidak mengikuti juklak dan juknis PPDB yang memang sudah diatur pemerintah," tegasnya. (yon/ymr) 
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Sidak PPDB, Wabup Warning Pelaku Pungli Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai