Monday, 10 July 2017

Pos LLAJ Terbengkalai, Dua Instansi Saling Lempar Tanggung Jawab

Pos Pengawasan LLAJ di Desa Kampung Baru hingga saat ini masih kosong, tidak dimanfaatkan.
SELUPU REJANG RPP - Sejak pengalihan kewenanangan pengolaan Terminal Simpang Nangka dari Dinas Perbuhungan ke Kementerian Perhubungan, sejak Januari 2017 lalu Pos LLAJ yang berada di Jalan Suherman Desa Kampung Baru kosong hingga saat ini. Sayangnya, kedua instansi ini justru saling lempar tanggung jawab.

Kepala Dinas Perhubungan RL, Drs Edi Ansori saat dikonfirmasi mengatakan bahwa kewenangan pos tersebut bukan lagi kewenaangan pihaknya, karena pos pengawasan di sana merupakan pos pemantau  kendaraan untuk memasuki kawasan terminal dan seharusnya hal itu kewenanagan Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Simpang Nangka Direktorat Jendral Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan yang ada di Simpang Nangka. "Kewenangan itu punya mereka, karena merekalah saat ini yang mengelola terminal dan kita tidak lagi mengelola Terminal Simpang Nangka tersebut," kata Edi

Sebelumnya, saat pos ini dikelola Dishub RL, lanjut Edi, pos tersebut selain sebagai pos pemantau untuk mengarahkan kendaraan masuk ke terminal, pos ini juga dijadikan tempat pemungutan retribusi bagi kendaraan yang masuk berjenis kendaraan berat dan bus karena Terminal Simpang Nangka, karena pada saat itu, Dishub diberikan beban pendapatan asli daerah (PAD).

Terpisah, Koordinator Terminal Tipe A Simpang Nangka Kabupaten RL, Arrozi El Fakhri, S.Sos ketika dikonfirmasi mengatakan jika pos terebut bukan kewenangan pihaknya, karena pos yang didirikan tersebut berada di luar pengawasan dalam terminal. Menurutnya, kewenaanagan pihaknya yakni pengawasan dalam terminal hingga batas pintu gerbang terminal. "Pos itu didirikan Dishub jadi milik Dishub, bukan milik kita. Jadi kita tidak ada kewenangan untuk menempatkan petugas di pos pengawasan LLAJ tersebut," papar Arrozi.

Sejak kosongnya pos tersebut, tidak ada lagi pengarahan petugas mana kendaraan yang harus masuk terminal dan mana yang tidak dan kewenangan pengawasan ini pun saling lempar dan terkesan tidak ada yang mau bertanggungjawab dengan pos pengawasan LLAJ tersebut.(ben) 
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Pos LLAJ Terbengkalai, Dua Instansi Saling Lempar Tanggung Jawab Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai