Friday, 21 July 2017

Perekrutan Guru Agama Desa Bakal Kembali Digelar

Jamaan Nur
CURUP RPP - Setelah berhasil melakukan perekrutan terhadap guru agama desa (GAD) sebanyak 50 orang dari 123 orang yang dinyatakan lulus beberapa bulan lalu. Kini Pemkab Rejang Lebong (RL) berencana untuk kembali melakukan perekrutan. Karena masih banyak desa yang belum mendapat bagian pembagian GAD ini. Mengingat dari 123 orang yang lulu tes GAD lalu, hanya 50 orang yang laki-laki, sisanya adalah perempuan.

Menurut Kepala Bagian Administrasi Kesra Setdakab RL, Jamaan Nur, S.Ag untuk peserta tes GAD perempuan yang telah lulus tes akan ditempatkan di sekolah-sekolah sebagai guru agama. Namun saat ini masih dalam proses pendataan sekolah mana yang mengalami kekurangan atau belum memiliki guru agama.
"Saya belum bisa memastikan kapan perekrutan itu akan digelar, namun pak bupati sudah menginstruksikan begitu. Karena masih banyak desa yang belum kebagian guru agama desa. 50 orang hasil tes GAD lalu kita tempatkan di wilayah Lembak, sedangkan yang perempuan sedang dipersiapkan untuk menjadi guru agama di sekolah yang belum ada atau masih kekurangan guru agama," ungkap Jamaan.

Mantan Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Curup Timur itu menjelaskan, saat ini GAD sedang diminta melaporkan kegiatan selama mereka bertugas di desa. Laporan tersebut nantinya bertujuan untuk melihat kinerja sebagai bahan evaluasi oleh Pemkab RL. Mengingat para GAD ini menikmati honor sebesar Rp 900 ribu per bulan yang dibayarkan setiap tiga bulan sekali, yang bersumber dari APBD RL.
"Honornya sedang diproses, mudah-mudahan dalam bulan ini sudah bisa dibayarkan, setiap orang mendapatkan Rp 900 ribu per bulannya. Jadi pembayarannya setiap tiga bulan sekali. Harapan kami mereka benar-benar memberikan manfaat dan dampak baik di masyarakat tentang pemahaman terhadap agama islam demi mewujudkan RL sebagai kota religius," pungkasnya. (yon)

  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Perekrutan Guru Agama Desa Bakal Kembali Digelar Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai