Monday, 17 July 2017

Pemborong Jembatan Diduga Abaikan K3

BAHAYA: Pekerja di proyek jembatan Air Rambai ini tanpa dilengkapi dengan pengaman keselamatan kerja. Padahal mereka bekerja dibawah tekanan resiko yang tinggi.
CURUP RPP - Pemborong jembatan Air Rambai di Kelurahan Air Rambai Kecamatan Curup, Kabupaten Rejang Lebong (RL) diduga telah mengabaikan Kesehatan, Keselamatan, dan Keamanan Kerja (K3) dan standar operasional prosedur (SOP) pengerjaan konstruksi bangunan. Dimana PT. Persada Bakti Mandiri, yang mengerjakan proyek ini ternyata tidak memiliki peralatan keselamatan pekerjanya. Salah satunya adalah helm proyek untuk pengamanan kepala pekerja.

Hal ini diakui langsung oleh pelaksana proyek, Tohari, saat ditemui wartawan koran ini di base camp proyek tersebut beberapa hari lalu. "Iya memang kami tidak punya topi proyeknya, tapi tidak ada apa-apa kok mas. Intinya kerja dengan hati-hati biar aman dan selamat," ujarnya.

Kemudian beberapa pekerja yang sedang melakukan pengeboran juga terlihat tidak menggunakan standar keselamatan pekerja sama sekali. Dari beberapa orang yang bekerja hanya terlihat ada 2 orang saja yang mengenakan helm, sedangkan lainnya tidak. Kemudian tali pengaman saat mereka menaiki sebuah besi tiang penyangga alat bor juga tidak ada.
"Kalau untuk pengeboran itu bukan perusahaan kami lagi mas, itu perusahaan lain lagi yang memang khusus untuk pengeboran," singkatnya.

Sejauh ini, proyek jembatan itu baru terelasisasi sekitar 30 persen dan direncanakan berdasarkan kontrak kerja akan selesai pada Desember mendatang. "Kita upayakan sebelum deadline kontrak itu sudah selesai. Mudah-mudahan tidak ada kendala, termasuk kendala alam seperti tingginya curah hujan," pungkas Tohari.

Di sisi lain, berdasarkan sesuai dengan ketentuan UU No.1/1970 tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Pada pasal 15 UU tersebut menetapkan bagi yang melanggar ketentuan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) dapat diancam pidana dengan hukuman kurungan selama-lamanya tiga bulan atau denda setinggi-tingginya Rp 100.000. (yon)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Pemborong Jembatan Diduga Abaikan K3 Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai