Sunday, 2 July 2017

Panjat Pos, Tahanan Kabur dari Lapas Curup


Inilah tahanan yang nekad kabur dengan memanjat pos jaga yang kosong. Foto : Bambang Triyono Radar Pat Petulai

CURUP RPP - Anggi Yudistira (21), warga Kelurahan Air Putih Baru yang merupakan tahanan kasus penggelapan motor Sat Reskrim Polres Rejang Lebong (RL) yang dititipkan di Lapas Klas II A Curup, kabur dari lapas dengan cara memanjat pos depan sebelah kanan, yang tidak dijaga petugas. Lalu ia merayap ke bagian tengah tembok dan berhasil melompat untuk melarikan diri, Jumat (30/6) sekira pukul 13.00 WIB. 
Kapolres RL, AKBP Napitupulu Yogi Yusuf, SH, SIK, melalui Kasat Reskrim, AKP Chusnul Qomar, SH, SIK saat dibincangi wartawan koran ini kemarin sore, membenarkan jika Anggi Yudistira kabur dari lapas. Hal itu diketahui dari pihak lapas sendiri, yang meminta bantuan pihaknya mencari keberadaan tahanan tersebut. 
Setelah itu, pihaknya langsung mengerahkan anggota untuk memburu Anggi serta mengerahkan tim identifikasi untuk mengetahui bagaimana cara Anggi kabur. Alhasil, dari olah tempat kejadian perkara (TKP) diketahui, Anggi kabur dengan cara memanfaatkan pos jaga yang kosong. Melihat situasi tersebut Anggi kemudian memanjat tangga pos dan merayap diatas tembok tersebut. Setelah itu melompat dan berhasil kabur. "Kita menyayangkan lemahnya penjagaan di dalam lapas, hingga tahanan yang dititipkan bisa kabur," ujar Chusnul. 
Ia menambahkan, diperkirakan kaburnya tahanan yang dititip pihaknya sejak tanggal 20 Juni 2017 tersebut, berkas perkaranya sudah dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Curup dan tinggal menunggu pelimpahan tahap kedua saja. "Kami saat ini terus memburu keberadaan Anggi. Kami sudah melakukan penggerebekan ke tempat-tempat yang diduga dijadikan tempat bersembunyinya. Sayang upaya tersebut belum membuahkan hasil," lanjutnya.
Menurut Chusnul, Anggi ditangkap Selasa (30/5) sekira pukul 14.30 WIB atas dugaan melakukan penggelapan sepeda motor Yamaha Mio GT warna merah putih BG 2391 HF milik Hendra Gunawan (31), warga Kelurahan Karang Anyar. Modusnya, Anggi datang ke rumah korban Selasa (30/5) sekira pukul 11.00 WIB, bermaksud hendak membeli sepeda motor korban. 
Lalu ia meminta izin untuk mencoba sepeda motor tersebut. Sayangnya hingga menjelang sore, Anggi tak menggembalikan sepeda motor korban dan korban pun melapor ke Mapolres RL. "Berdasarkan laporan korban, kita berhasil meringkus Anggi berikut sepeda motor korban," tambahnya.
Namun terkait hal ini, pihak Lapas Klas II A Curup belum ada satu orang pun yang bisa dikonfirmasi. (Wsa)

  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Panjat Pos, Tahanan Kabur dari Lapas Curup Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai