Friday, 7 July 2017

Oknum Wartawan dan LSM Resmi Tersangka

Ilustrasi
KEPAHIANG RPP – Oknum wartawan dan LSM yang tertangkap dalam operasi tangkap tangan (OTT) saat melakukan pemerasan terhadap pejabat RSUD Kepahiang akhirnya resmi ditetapkan sebagai tersangka. Keduanya yakni RL alias Apek dan ML alias Yadi warga Kelurahan Padang Lekat Kecamatan Kepahiang.
"Setelah kita lakukan pemeriksaan dan gelar perkara, statusnya kita tingkatkan menjadi tersangka karena sudah memenuhi dua alat bukti," tegas Kapolres AKBP Pahala Simanjuntak SIK melalui Kasat Reskrim AKP Khoril Akbar SIK saat press release, Kamis (6/7).

Diungkapkan, modus yang dilakukan kedua tersangka yakni dengan mengancam akan memberitakan (publikasi) penggunaan anggaran dana RSUD Kepahiang tahun 2016 jika tidak menuruti permintaan mereka untuk memberikan sejumlah uang. Keduanya memeras Kasubag TU RSUD Kepahiang, Tajri sebesar Rp 20 juta.

Menurut Khoiril Akbar, kedua pelaku memeras dengan modus bersilaturahmi sebelum lebaran. Saat itu keinginan pelaku dituruti oleh korban dengan memberi uang Rp 100 ribu. Lalu tanggal 20 Juni, Apek kembali datang ke RSUD menemui Tajri dan kembali meminta uang sebesar Rp 15 juta. Oleh pihak RSUD permintaan tidak disanggupi. Pelaku lalu menurunkan permintaan hanya Rp 2 juta. Keberhasilan Apek mendapatkan uang tersebut membuat pelaku kembali berani meminta uang sehingga bersama temannya Yadi kembali mendatangi RSUD Kepahiang dan lagi-lagi ke ruangan Kasubag TU. Dipertemuan ketiga ini pelaku meminta Rp 20 juta. Permintaan ini kemudian disanggupi oleh pihak RSUD dan sebagai tanda jadi diberikan uang awal sebesar satu juta rupiah. Uang tanda jadi ini ditolak pelaku, tetapi pelaku menyerahkan nomor rekening atas nama MY dan meminta uangnya ditransfer ke rekening tersebut. Saat itulah aparat langsung datang dan menangkap keduanya.

Khoiril mengatakan perbuatan pelaku melanggar Pasal 368 KHUP subsidair 369 KHUP dengan akumulasi ancaman penjara 9 tahun. "Pelaku mengancam akan mempublikasikan penggunaan anggaran bila tidak menyerahkan sejumlah uang. Ini ada unsur pengancaman dan pemerasannya," tuturnya.

Dalam kasus ini, aparat juga mengamankan barang bukti berupa uang tunai satu juta rupiah, dua unit handphone milik pelaku serta buku rekening dan fotocopy anggaran RSUD Kepahiang. (ton)

  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Oknum Wartawan dan LSM Resmi Tersangka Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai